Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Karyawan JPMorgan Chase & Co. masuk ke gedung salah satu bank terbesar AS itu di kantor pusatnya di New York, AS, Senin (21/9/2020). - Bloomberg/Michael Nagle
Premium

Ketar-ketir Bank Raksasa AS di Tengah Capaian Positif

14 Oktober 2020 | 13:01 WIB
Meski mencatatkan kinerja yang lebih baik dari perkiraan, tetapi perbankan AS menghadapi bayang-bayang ketidakpastian ke depannya. Ada apa?

Bisnis.com, JAKARTA – JPMorgan Chase, bank terbesar di AS berdasarkan kapitalisasi pasar, sukses membuat banyak orang terkejut saat mengumumkan laporan keuangan kuartal III/2020 sebelum pembukaan bursa, Selasa (13/10/2020).

Sepanjang periode Juli-September 2020, JPMorgan sukses membukukan pendapatan sebesar US$29,9 miliar. Angka ini memang turun tipis 0,3 persen jika dibandingkan torehan US$30 miliar pada kuartal III/2019, tetapi nyatanya melampaui ekspektasi para analis yang cuma memproyeksi pendapatan US$28,4 miliar.

Perusahaan juga membukukan laba bersih US$9,44 miliar dan laba per saham senilai US$2,92. Angka ini lagi-lagi melampaui hasil survei Refinitiv dan Wall Street yang memperkirakan laba per saham JPMorgan cuma mentok di level US$2,23.

JPMorgan tidak seorang diri. Kompetitor mereka yang juga mengisi daftar empat besar bank AS berdasarkan jumlah kapitalisasi pasar, yakni Citigroup, juga membukukan kinerja solid pada periode yang sama.

Mempublikasikan laporan keuangan pada hari yang sama, Citi melaporkan pemasukan mereka pada Juli-September mencapai US$17,3 miliar. Meski menyusut 6,9 persen ketimbang catatan periode yang sama tahun lalu yang sebesar US$18,6 miliar, pencapaian ini lagi-lagi memecahkan ekspektasi pengamat.

Dari segi laba per saham, torehan US$1,4 yang dibukukan Citigroup juga melampaui perkiraan analis yang dikumpulkan Bloomberg, yang mentok pada angka US$0,92. Bloomberg lantas menyebut bahwa ini merupakan kinerja paling cerah Citigroup sejak pandemi Covid-19 melanda AS.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top