Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang warga menonton video di YouTube melalui smartphone di Mumbai, India, Sabtu (15/2/2020). - Bloomberg/Dhiraj Singh
Premium

Siap-siap, Google Sulap YouTube jadi e-Commerce

12 Oktober 2020 | 10:38 WIB
Google rupanya tak mau ketinggalan menikmati bisnis e-commerce. YouTube digadang-gadang menjadi lini usaha yang kebagian terjun ke sektor ini.

Bisnis.com, JAKARTA – Dengan jumlah 2 miliar pengguna aktif bulanan, reputasi YouTube sebagai media sosial sekaligus platform hiburan tak perlu dipertanyakan lagi. Pertanyaan yang justru menarik untuk dimunculkan adalah bagaimana seandainya 2 miliar kreator dan pencari hiburan tersebut saling bertransaksi jual-beli di dalam satu platform yang sama?

Jawabannya sederhana: platform tersebut akan menjadi tempat jual-beli daring (e-commerce) dengan potensi pangsa pasar terbesar di dunia.

Prospek itulah yang dibaca Google, perusahaan teknologi pemilik YouTube baru-baru ini. Laporan Bloomberg pada Jumat (9/10/2020), menyebutkan bahwa Google tengah melakukan uji coba fitur jual-beli yang memungkinkan pemirsa membeli secara langsung suatu barang yang ditampilkan kreator dalam video unggahannya.

Kabar ini sudah dikonfirmasi kebenarannya pula oleh juru bicara YouTube.

Untuk tahap awal, YouTube mengklaim tidak akan membangun semuanya dari nol. Mereka akan bermitra dengan Shopify, perusahaan asal Kanada yang mengembangkan software terintegrasi untuk laman-laman yang ingin membuat e-commerce dengan sistem ritel.

Meski demikian, bukan mustahil kelak mereka akan menciptakan peladen sendiri. Terutama, jika hasil dari pengujian awal terlihat menjanjikan.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top