Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sudah Pakai Masker, Kok Masih Tertular Corona? Ternyata Ini Penyebabnya

90 persen responden pasien di Wisma Atlet mengaku rajin menggunakan masker, tetapi mereka tetap terpapar Covid-19.
Masker N95
Masker N95

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa angka penggunaan masker mulai meningkat pada masa pandemi Covid-19 ini. Namun, mengapa kasus penularan virus Corona (Covid-19) masih tinggi jika warga sudah taat mengenakan masker?

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo bahwa masih tinggi kasus Covid-19 di Indonesia disebabkan karena masih banyak orang yang menggunakan masker dengan cara yang salah.

Dia menuturkan bahwa masker harus digunakan dengan benar salah satunya masker digunakan sepanjang waktu selama berada di area publik.

"Termasuk juga di rumah, jika ada anggota keluarga yang sering beraktivitas di luar rumah, saat kembali ke rumah maka keluarga yang di rumah harus tetap memakai masker," kata Doni dalam konferensi pers, Jumat (9/10/2020).

Lebih lanjut, data Satgas menunjukkan bahwa tujuh persen pasien Covid-19 di Wisma Atlet yang diwawancarai mengaku jarang keluar rumah tetapi tetap terpapar virus.

Walhasil, bisa disimpulkan bahwa mereka tertular oleh anggota keluarga di rumah yang banyak beraktivitas di luar rumah.

Kemudian, sambungnya, 90 persen responden pasien Wisma Atlet mengaku rajin menggunakan masker.

"Setelah didalami, rata-rata mereka terpapar saat melakukan kegiatan makan. Pada saat makan tentu tidak bisa memakai masker," kata Doni.

Oleh sebab itu, dia mengimbau kepada masyarakat untuk membagi waktu makan antaranggota keluarga alias bergantian. Selain itu, penjagaan jarak juga harus dilakukan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper