Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sanksi AS untuk Huawei Bikin Samsung Raup Untung Besar

Samsung membukukan pendapatan operasional sebesar 12,3 triliun won (US$10,6 miliar) pada kuartal ketiga 2020, mengalahkan perkiraan rata-rata 10 triliun won.
Samsung Galaxy M21/Samsung
Samsung Galaxy M21/Samsung

Bisnis.com, JAKARTA - Samsung Electronics Co. melaporkan pendapatan yang mengalahkan perkiraan analis setelah bisnis seluler dan chip raksasa teknologi Korea Selatan itu diuntungkan dari pembatasan AS pada Huawei Technologies Co.

Samsung membukukan pendapatan operasional sebesar 12,3 triliun won (US$10,6 miliar) pada kuartal ketiga 2020, mengalahkan perkiraan rata-rata 10 triliun won. Menurut hasil awal yang dirilis hari ini, penjualan untuk kuartal tersebut adalah 66 triliun won. Perusahaan tidak memberikan laba bersih atau kinerja divisi, yang akan dilaporkan akhir bulan ini saat merilis hasil akhir. Saham Samsung naik sebanyak 1,3 persen di Seoul hari ini.

Huawei mengambil alih Samsung untuk menjadi pembuat ponsel pintar terbesar di dunia pada kuartal kedua, tetapi raksasa Korea itu diproyeksikan kembali menduduki peringkat puncak setelah saingannya dari China kehilangan akses ke komponen paling canggih untuk perangkat Android-nya.

Samsung memperluas pangsa pasarnya di India, di mana konsumen semakin memblokir produk China karena masalah geopolitik. Bisnis memori Samsung juga diuntungkan setelah Huawei menimbun semikonduktor menjelang sanksi Amerika Serikat yang diberlakukan bulan lalu.

"Huawei telah menyimpan persediaan tambahan sekitar enam bulan sebelum larangan AS berlaku pada 15 September. Pembelian Huawei mengimbangi kelemahan dalam permintaan penggunaan server dan melahap inventaris pasar, yang seharusnya memengaruhi harga di masa mendatang," kata MS Hwang, seorang analis di Samsung Securities, dilansir Bloomberg, Kamis (8/10/2020).

Dengan peluncuran iPhone 5G Apple Inc. yang ditunda hingga Oktober dan pamor Huawei berkurang, Samsung mengalami kuartal yang sangat mudah dalam hal persaingan seluler. Meski begitu, profitabilitas perusahaan meningkat secara signifikan berkat penurunan biaya pemasaran selama pandemi.

"Kami melihat marginnya bergerak lebih tinggi pada tahun 2021 karena Huawei terus berjuang," kata Lee Su-bin dari Daishin Securities.

Dia menambahkan bahwa Samsung akan mendapatkan keuntungan dari peluncuran cepat 5G dan fokus barunya pada ponsel yang dapat dilipat. Lee memperkirakan Samsung akan melaporkan sekitar 80,6 juta pengiriman smartphone untuk kuartal ketiga, meningkat 49 persen dari kuartal kedua.

Menurut Song Myung-sup, analis di HI Investment & Securities, permintaan chip memori seluler mungkin sedikit meningkat pada kuartal keempat bersaing dengan iPhone dan pemain lain dari China seperti Oppo dan Vivo yang meningkatkan pesanan untuk mencoba dan mengamankan beberapa pangsa pasar Huawei.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper