Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Kunker ke Kalimantan pada Puncak Demo UU Cipta Kerja

Presiden Jokowi bertolak menuju Solo pada Rabu (7/10/2020) sore dan melakukan kunjungan kerja ke proyek food estate di Kalimantan pada Kamis (8/10/2020) sore.
Presiden Joko Widodo/Instagram@jokowi
Presiden Joko Widodo/Instagram@jokowi

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo pada hari ini, Kamis (8/10/2020) melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah untuk meninjau proyek food estate. Kunker Presiden ini bertepatan dengan rencana puncak demonstrasi UU Cipta Kerja.

Adapun, Presiden Jokowi menuju Kalimantan Tengah dari Yogyakarta. Berdasarkan keterangan Deputi Protokol Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, Presiden sejak sore kemarin, Rabu (7/10/2020) tidak berada di Jakarta.

Dia mengatakan bahwa kemarin agenda Presiden Jokowi intern di Istana Bogor, Jawa Barat. Kemudian pada sore harinya Presiden menuju Solo, Jawa Tengah melalui jalur darat dari Yogyakarta.

"Di Solo, agenda presiden adalah nyekar atau ziarah ke makam Ibunda beliau," kata Bey saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

Kendati bertepatan dengan puncak demo UU Ciptaker, Bey membantah Presiden Jokowi sengaja meninggalkan Jakarta. Dia mengatakan bahwa agenda meninjau food estate di Kalimantan Tengah telah direncanakan jauh hari, sehingga tidak ada kaitan dengan aksi unjuk rasa.

"Presiden memang concern kepada ketahanan pangan nasional, karena seperti peringatan FAO ada risiko kelangkaan pangan akibat pandemi. Jadi memang Presiden ingin meninjau langsung progres Food Estate ini," ujarnya.

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPI) menyebutkan bahwa sejumlah serikat pekerja telah sepakat melakukan aksi massa turun ke jalan pada 6 - 8 Oktober 2020. Mereka menuntut sejumlah pasal di UU Ciptaker yang dinilai merugikan kaum buruh.

Lokasi unjuk rasa di DKI Jakarta akan berpusat di gedung DPR, Istana Kepresidenan, kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan kantor Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara itu, aliansi BEM seluruh Indonesia juga menyerukan aksi turun ke jalan pada hari ini, Kamis (8/10/2020). Istana Kepresidenan akan menjadi tempat menyampaikan aspirasi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper