Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pulih dari Covid-19, Trump Kembali 'Berulah' Tunda Stimulus

Presiden AS Donald Trump menunda pembicaraan soal stimulus Covid-19 hingga Pemilu AS pada 3 November mendatang.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjalan menuju helikopter Marine One untuk bertolak ke Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat, Jumat (2/10/2020). /Antara-Reuters
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berjalan menuju helikopter Marine One untuk bertolak ke Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland, Amerika Serikat, Jumat (2/10/2020). /Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden AS Donald Trump mengakhiri pembicaraan dengan para pemimpin Demokrat tentang paket stimulus baru, beberapa jam setelah seruan terkuat Ketua Federal Reserve Jerome Powell soal kebutuhan stimulus yang lebih besar untuk menghindari kerusakan pada pemulihan ekonomi.

"Saya telah menginstruksikan perwakilan saya untuk berhenti bernegosiasi sampai setelah pemilihan ketika, segera setelah saya menang, kami akan mengesahkan RUU Stimulus utama yang berfokus pada pekerja keras Amerika dan Bisnis Kecil," kata Trump Selasa dalam sebuah tweet, dikutip dari Bloomberg, Rabu (7/10/2020).

Saham anjlok setelah posting Trump menyerukan berakhirnya berbulan-bulan negosiasi yang sengit antara pemerintah dan Kongres. Demokrat baru-baru ini mendorong paket US$2,2 triliun yang gagal mengumpulkan dukungan Partai Republik di DPR, sementara Gedung Putih telah mendukung $ 1,6 triliun.

Ketua DPR Nancy Pelosi terus menuntut US$2 triliun atau lebih dalam stimulus, menurut seorang Partai Republik yang akrab dengan negosiasi.

Undang-undang yang disahkan DPR minggu lalu dengan hanya dukungan Demokrat juga memiliki langkah-langkah yang ditentang oleh Partai Republik, termasuk jaminan kesehatan yang didanai pemerintah untuk aborsi dan pemeriksaan stimulus untuk imigran tidak berdokumen.

Pelosi berulang kali memanggil Ketua Fed dalam seruannya agar Partai Republik bergerak menuju RUU Demokrat yang lebih komprehensif.

Beberapa data ekonomi baru-baru ini, bersama dengan kebangkitan jumlah virus corona di beberapa negara bagian, juga memberi kesan kepada banyak analis bahwa bantuan pemerintah menjadi lebih mendesak.

"Bahkan jika tindakan kebijakan stimulus pada akhirnya terbukti membutuhkan dana lebih besar dari yang dibutuhkan, tindakan tersebut tidak akan sia-sia," kata Powell dalam konferensi virtual yang diselenggarakan oleh National Association for Business Economics Selasa pagi.

“Dukungan yang terlalu sedikit akan menyebabkan pemulihan yang lemah, menciptakan kesulitan yang tidak perlu bagi rumah tangga dan bisnis.”

Pelosi mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Jelas, Gedung Putih benar-benar berantakan." Pembicara berkata, "Menjauh dari pembicaraan tentang virus korona menunjukkan bahwa Presiden Trump tidak mau menghancurkan virus.

Pelosi berkomentar kepada anggota parlemen Demokrat tentang panggilan bahwa pemikiran Trump mungkin dipengaruhi oleh steroid yang diambilnya untuk mengobati infeksi virus korona.

Sehari setelah kembali ke Gedung Putih dari Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, Trump berunding melalui telepon dengan Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell dan pemimpin Partai Republik Kevin McCarthy, bersama dengan Mnuchin, sebelum tweet-nya mengakhiri pembicaraan untuk saat ini.

Pelosi sebelumnya mengatakan kepada rekan-rekan Demokratnya bahwa dia dan Mnuchin tidak setuju dengan bantuan kepada otoritas negara bagian dan lokal, pengeluaran untuk mengatasi virus corona dan mendapatkan bantuan untuk orang Amerika biasa tetap ada, menurut seorang pejabat DPR.

Trump telah meremehkan dorongan Demokrat untuk stimulus hampir US$1 triliun dalam bantuan kepada pemerintah negara bagian dan lokal sebagai bantuan untuk dijalankan dengan buruk, terutama negara-negara Demokrat. Partai Demokrat memotong setengah jumlah itu dalam penawaran terbaru mereka.

Tetapi pada hari Sabtu dia mengatakan bahwa negara itu "menginginkan dan membutuhkan" putaran bantuan lainnya. “Bekerja sama dan selesaikan,” dia tweet dari Walter Reed.

Meski begitu, kepala Fed dalam sambutannya Selasa menyoroti bahwa analisis setelah Resesi Hebat (Great Recession) satu dekade lalu menunjukkan bahwa anggaran ketat di tingkat negara bagian dan lokal telah menahan pemulihan ekonomi.

"Nancy Pelosi meminta US$2,4 triliun untuk dana talangan yang dijalankan dengan buruk, kejahatan tinggi, Partai Demokrat, uang yang sama sekali tidak terkait dengan COVID-19," kata Trump dalam tweet-nya, Selasa.

“Kami membuat tawaran yang sangat murah hati sebesar US$1,6 triliundan, seperti biasa, dia tidak bernegosiasi dengan niat baik.”

Konsekuensi dari penarikan dukungan fiskal terlihat nyata dan segera. American Airlines Group Inc. dan United Airlines Holdings Inc. mengatakan mereka akan mulai memberhentikan 32.000 pekerja, menyalahkan berakhirnya bantuan pemerintah.

Walt Disney Co. memangkas 28.000 pekerjaan sementara Allstate Corp., perusahaan asuransi mobil terbesar keempat di AS, memangkas 3.800, kira-kira 8% dari tenaga kerjanya.

Pendapatan orang Amerika turun 2,7% pada Agustus karena manfaat asuransi tambahan dari putaran pertama stimulus berakhir, mengancam pengeluaran konsumen.

“Perekonomian telah bergerak kurang lebih ke sideways sejak pertengahan musim panas," Mark Zandi, kepala ekonom untuk Moody's Analytics.

"Dengan prospek memudarnya bantuan federal, kemungkinan bahwa pemulihan akan datang menjadi turun."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper