Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pendiri Bengo4.com Inc. Taichiro Motoe. - Dok. Bengo4.com Inc.
Premium

Siapa Taichiro Motoe, Wakil Menteri Jepang yang Jadi Miliarder karena Bisnis Tanda Tangan?

02 Oktober 2020 | 18:23 WIB
Bisnis yang dijalankan para pengusaha sukses seringkali datang dari ide yang tak biasa tetapi sederhana. Taichiro Motoe, yang jadi kaya karena bisnis tanda tangan elektronik, adalah contohnya.

Bisnis.com, JAKARTA — Taichiro Motoe menyita perhatian seantero Jepang. Pekan ini namanya muncul dalam daftar miliarder di Jepang versi Forbes, berkat total kekayaan yang berhasil menyentuh angka US$1 miliar.

Berstatus politikus Partai Liberal Demokrat—partai pengusung Shinzo Abe dan Yoshihide Suga—harta Motoe berlimpah bukan karena kesuksesan partainya sebagai penguasa pemerintah. Melainkan karena lonjakan harga saham Bengo4.com Inc., perusahaan rintisannya yang kini telah melantai di bursa Jepang.

Hingga akhir perdagangan Rabu (30/9/2020), harga saham Bengo4 menyentuh posisi 11.180 yen. Posisi ini sudah menguat 97,87 persen secara year-to-date (ytd) jika dibandingkan posisi harga awal tahun yang cuma mentok di 5.650 yen.

Pada perdagangan Jumat (2/10), saham Bengo4.com ditutup melemah ke lebel 11.140 yen. Meski demikian, tetap saja saham perusahaan ini sudah naik 97,16 persen.

Forbes mencatat pemicu utama kenaikan saham Bengo4 adalah layanan mereka yang bernama CloudSign. Ini merupakan layanan pembuatan tanda tangan dan stempel elektronik untuk perusahaan-perusahaan besar.

Kalkulasi tersebut dibenarkan sendiri oleh Motoe. Kendati mulanya menyediakan layanan utama berupa direktori hukum, dalam beberapa tahun terakhir dia mengatakan kontributor utama pemasukan Bengo4 adalah CloudSign.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top