Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dear Pasien Covid-19, Ini Cara Jaga Imunitas Agar Cepat Pulih

Selain kondisi fisik, psikologis seseorang juga memiliki pengaruh yang besar dalam menjaga imunitas dan mencegah infeksi virus corona.
Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett
Ilustrasi stres/Reuters-Paul Hackett

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga imunitas merupakan kunci utama dalam pencegahan penyebaran pandemi Covid-19. Dengan mengatur asupan makanan dan rutin melakukan aktivitas, imunitas dapat terjaga dengan baik.

Selain itu, kondisi psikis seseorang juga memiliki pengaruh yang besar dalam menjaga imunitas dan mencegah infeksi virus corona.

Psikolog dan Team Leader Sahabatku (aplikasi konseling psikologi), Muhammad Chalid, mengatakan saat pikiran seseorang dibebani dengan masalah masalah yang tidak pernah terpecahkan. Hal tersebut dapat menumpuk dan mengikis daya tahan tubuh.

“Biasanya orang-orang kerja psikisnya terlalu over akan berpengaruh, apalagi kalau malam kurang istirahat sehingga keesok harinya dia lesu atau pola makan tidak teratur karena pikirkan. Jadi erat kaitan antara fisik dan psikis," ungkapnya dalam diskusi dengan tema Tetap Aman dan Imun di Tengah Pandemi Covid-19 yang ditayangkan di channel YouTube BNPB, Jumat (2/9/2020).

Bagi pasien penderita Covid-19, Chalid mengungkapkan imunitas dapat dijaga dengan mengelola psikologis pasien agar tetap berpikir positif dan mempercepat pemulihan. Salah satunya adalah dengan dukungan dari keluarga pasien sendiri.

“Mereka harus fully support pasien, ditambah sebaiknya ketika pada saat si pasien ini terkena Covid-19, dia bisa diberikan semacam penguatan. Kita harus memberikan hal-hal yang positif,” ujarnya.

Dia mengakui bahwa seringkali imunitas pasien semakin turun karena mereka sudah merasa mendapat label negatif, bahkan dari diri sendiri. Contohnya, ada orang yang dinyatakan positif dan baru diisolasi beberapa hari, justru imunitasnya turun drastis.

"Ketika masuk masa isolasi, [pasien] jangan dibiarkan sendiri. Harus intens komunikasi antara keluarga dan pasien," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Tim Mitigasi Dokter dalam Pandemi Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Ekasakti Octohariyanto mengatakan pihaknya terus mengajak para pasien agar berpikir positif dan berupaya agar tetap sehat.

“Protokol sekarang isolasi 10 hari mandiri di rumah. Dalam isolasi tersebut tetap ada dokter yang bertanggung jawab, seperti di Puskesmas atau dokter setempat. Untuk itu, kita perlu koordinasi dengan lingkungan agar mendapat vitamin dan dipantau jika sewaktu-waktu kondisi memburuk,” ujarnya.

Meskipun isolasi mandiri, dia menyarankan agar pasien tetap menjaga aktivitasnya serta mengelola pola makan yang sehat dan seimbang. Jika terjadi sesuatu, segera konsultasi ke dokter yang menangani pasien.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper