Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Batik Nasional, Jokowi Pamer Masker Keren dari Batik

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Batik Nasional, salah satunya dengan belajar membatik hingga mempelajari masing-masing motif batik dari berbagai wilayah di Indonesia.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 02 Oktober 2020  |  09:49 WIB
Masker terbuat dari batik untuk mencegah penularan Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi
Masker terbuat dari batik untuk mencegah penularan Covid-19. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @jokowi

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Oktober untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Batik Nasional, salah satunya dengan belajar membatik hingga mempelajari masing-masing motif batik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun menyebut bahwa pandemi Covid-19 bukanlah penghalang untuk memperingati Hari Batik Nasional.

“Warisan budaya dunia dari negara kita ini bisa juga menjadi motif masker.Ayo, masker batik mana yang pas dan Anda suka?,” ujar Jokowi di akun Intstagram @jokowi, Jumat (2/10/2020).

Pada masa pandemi Covid-19, kegiatan membatik dapat dilakukan dalam genggaman.

Tidak hanya itu, ada pula game berburu batik yang juga dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi hiburan saat harus di rumah saja.

Sejumlah aplikasi mengenai batik telah terpajang di toko aplikasi milik Google dan Apple, Play Store dan App Store.

1. Batikin

Aplikasi Batikin, yang berbobot 5,2MB dan terdaftar di App Store, dapat membantu pengguna mempelajari bagaimana menggambar batik. Aplikasi yang telah mengantongi lima bintang itu juga dilengkapi dengan elemen-elemen motif batik, sehingga pengguna dapat mulai mengambar batik dengan mudah.

Aplikasi yang berlabel usia 4 tahun ke atas tersebut juga mememungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran, warna, serta memiliki opsi pratinjau sebelum dibagikan kepada teman.

2. Map of Batik

Aplikasi Map of Batik memberikan informasi mengenai sejarah Batik dari masing-masing wilayah di Indonesia, mulai dari motif, warna hingga penggunaan batik itu sendiri.

Misalnya, mengutip kolom deskripsi aplikasi, dalam penelitian mendalam pada Orang Banjar (Kalimantan Selatan) terungkap bagaimana bangsawan melindungi diri mereka dari roh jahat dengan menggunakan Sasirangan.

3. Motif Batik Nusantara

Aplikasi Motif Batik Nusantara mempelajari ragam motif batik nusantara dan filosofinya. Motif kawung, misalnya, bermakna keinginan dan usaha yang keras untuk menghasilkan rejeki berlipat.

Terdapat 21 motif batik lainnya yang dapat dipelajari dalam aplikasi yang dirilis di Play Store pada 2015 itu. Aplikasi yang memiliki label Education tersebut telah mengantongi 4.4 bintang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi batik hari batik nasional
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top