Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Daftar Beasiswa yang Dibuka September hingga Oktober 2020

Masih ada kesempatan bagi para mahasiswa yang membutuhkan bantuan pembiayaan kuliah melalui program beasiswa dari sejumlah perusahaan swasta. Beberapa di antaranya masih buka pendaftaran sampai Oktober 2020.
Beasiswa Unggulan Kemendikbud
Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ada kesempatan bagi para mahasiswa yang membutuhkan bantuan pembiayaan kuliah melalui program beasiswa dari sejumlah perusahaan swasta. Beberapa di antaranya masih buka pendaftaran sampai Oktober 2020.

1. Beasiswa Teladan Tanoto Foundation

Beasiswa ini dibukabagi mahasiswa program Sarjana S1 semester pertama di perguruan tinggi yang bermitra dengan Tanoto Foundation seperti IPB, ITB, Unand, UB, Undip, UGM, UI, Unri, dan USU.

Manfaat yang bisa didapatkan antara lain biaya kuliah penuh hingga semester 8 dan juga tunjangan bulanan.

Tanoto Foundation membuka pendaftara program beasiswa mulai 24 Agustus–30 September 2020, adapun informasi pendaftarannya serta persyaratan lengkap bisa dilihat melalui https://tanotofoundation.org/id/program-teladan-2020/

2. Beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul

Beasiswa ini merupakan salah satu program dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berasal dari keluarga tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

KJMU membuka pendaftaran untuk tahap kedua mulai 18 September-19 Oktober 2020. Adapun, biaya yang diasalurkan untuk beasiswa ini sendiri berasal dari APBD Provinsi DKI Jakarta.

Beberapa persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini antara lain mendaftarkan diri ke PTN dan telah dinyatakan lulus seleksi baik melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau Seleksi Mandiri PTN. Pendaftaran dan permohonan bisa dilakukan melalui satuan pendidikan sekolah SMA/SMK.

Adapun, manfaat yang didapatkan antara lain bantuan Biaya Peningkatan Mutu Pendidikan yang diberikan dalam bentuk biaya penyelenggaraan pendidikan dan/atau biaya pendukung personal sebesar Rp1.500.000 per bulan.

Nantinya biaya penyelenggaraan pendidikan dikelola oleh PTN dan Penyaluran biaya penyelenggaraan pendidikan ke rekening PTN melalui pendebetan dari rekening mahasiswa berdasarkan Surat Kuasa Pendebetan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan.

3. Beasiswa Jombang Prestasi Baznas

Beasiswa ini dikeluarkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang yang khusus diberikan bagi masyarakat Jombang.

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain beragama Islam, menjadi mahasiswa aktif S! di PTN atau PTKIN maksimal 5 semester. Kemudian, mahasiswa yang mendaftar harus memiliki IPK minila 3,00 dari skala 4,00 kecuali mahasiswa baru.

Pendaftaran Beasiswa Jombang Prestasi ini dibuka mulai 10 September – 10 Oktober 2020. Informasi dan pendaftarannya bisa dilakukan melalui bit.ly/form_bjp.

4. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi Kemendikbud

Beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini ditujukan bagi mahasiswa dalam negeri untuk jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral.

Program beasiswa ini bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah diterima di perguruan tinggi maupun yang sudah berkuliah maksimal semester 2 pada saat mendaftar.

Periode pendaftaran diselenggarakan mulai 21 September-3 Oktober 2020. Adapun, pendaftaran bisa dilakukan melalui beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper