Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warning! Tenaga Medis Mulai Kewalahan Urus Pasien Covid-19

Tenaga medis dan relawan terutama dalam sepekan terakhir sangat sibuk sekali.
Tenaga medis penanganan Covid-19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa
Tenaga medis penanganan Covid-19 memeriksa pasien di RSUD Kabupaten Musi Banyuasin. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dengan tingginya tambahan kasus Covid-19 setap harinya, banyak tenaga medis yang mulai kewalahan. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk terus berupaya memutus rantai penyebaran agar sistem kesehatan penanganan Covid-19 tak segera ambruk.

Kabid Koordinator Relawan Medis Satgas Penanganan Covid-19 (STPC-19) Jossep William mengatakan saat ini dengan tingginya tambahan kasus harian, tenaga medis sudah cukup keletihan.

“Tapi, kami usahakan mereka tetap gembira dan imunnya tetap baik dan mereka tetap semangat, karena pekerjaan kita masih panjang kelihatannya karena kasusnya malah tambah naik bukan makin turun,” ungkapnya dalam konferensi pers, Senin (21/9/2020).

Jossep menerangkan Satgas sudah bekerja sama dengan organisasi profesi baik IDI, PPMI, dan organisasi lain untuk menyediakan tenaga di rumah sakit yang membutuhkan.

Saat ini kurang lebih perawat yang standby masih 2.000-an, bidan masih banyak, dan tenaga kesehatan lain mulai habis. Sebagai langkah antisipasi, tim relawan Satgas Covid-19 juga mempersiapkan tenaga kesehatan magang untuk masuk dan mem-back up kekurangan tenaga medis.

“Tapi kita mau mereka tetap safety, aman. Jadi mereka akan tetap didampingi sementara meminta ke IDI menambah tenaga dokter yang bertugas,” terangnya.

Selain itu, Jossep juga mengungkapkan bawha kinerja puskesmas di Jakarta sudah mulai kewalahan karena penderita Covid-19 yang cukup banyak.

“Tenaga medis dan relawan terutama dalam sepekan terakhir sangat sibuk sekali. Sangat terlihat dari ambulans yang dijalankan oleh Satgas itu hampir setiap hari sangat penuh dan sibuk. Istilahnya untuk mentransport mereka yang positif ke Wisma Atlet saja sekarang sampai diberlakukan antrean, tidak bisa lapor langsung dijemput,” imbuhnya.

Jossep menegaskan bahwa sistem kesehatan memerlukan bantuan dari masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Karena kalau terus seperti ini ini semua sistem di kita akan ambruk. Karena keawalahan semua. Meskipun sekarang masih tahan, tapi pertanyaannya mau sampai kapan? Kalau sistem kesehatan ambruk ini jadi masalah. Mohon masyarakat bekerja sama patuhi protokol kesehatan, hindarkan berkumpul, jaga jarak, cuci tangan, pakai masker selalu,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper