Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahasa Mandarin Masuk dalam Daftar Kurikulum yang Harus Dipelajari di Afrika

Hanya sebagian kecil orang Afrika yang melihat bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional paling penting untuk dipelajari oleh kaum muda meskipun Beijing semakin berkembang di benua itu, menurut survei di 18 negara
Benua Afrika
Benua Afrika

Bisnis.com, JAKARTA -  Berdasarkan jajak pendapat di 18 negara di benua Afrika menemukan bahwa bahasa Inggris, Prancis, dan Arab merupakan bahasa yang harus dipelajari.

Hanya sebagian kecil orang Afrika yang melihat bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional paling penting untuk dipelajari oleh kaum muda meskipun Beijing semakin berkembang di benua itu, menurut survei di 18 negara.

Dalam jajak pendapat terhadap sekitar 2.000 orang oleh Afrobarometer, sebuah jaringan penelitian yang menyediakan data tentang pengalaman orang Afrika, hanya 2 persen dari mereka yang disurvei mengatakan bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa internasional yang paling penting untuk dipelajari.

Sekitar 70 persen mengatakan bahasa Inggris, 14 persen mengatakan bahasa Prancis, 4 persen mengatakan bahasa Arab dan sisanya mengatakan "lainnya".

Para pengamat mengatakan bahasa Inggris masih sering digunakan siswa ketika mereka belajar di China atau mengikuti program pertukaran China-Afrika.

Folashadé Soulé, rekan peneliti senior di Blavatnik School of Government di University of Oxford, mengatakan bahasa Inggris masih mendominasi dalam hubungan China-Afrika.

Yu-Shan Wu, rekan peneliti di proyek pelaporan Afrika-Cina, di Universitas Witwatersrand, yang memoderatori peluncuran virtual laporan minggu lalu, setuju, mengatakan program pertukaran antara Cina dan Afrika sering mengandalkan bahasa Inggris sebagai media. bertukar.

“Anda mungkin memiliki penerjemah yang menerjemahkan untuk bahasa Mandarin ke bahasa Inggris. Jadi, itu menjadi bahasa 'tengah', ”ujarnya.

Lina Benabdallah, asisten profesor politik dan hubungan internasional di Wake Forest University di North Carolina, mengatakan banyak program atau gelar yang ditawarkan di China untuk siswa internasional dilakukan dalam bahasa Inggris.

“Bahasa Mandarin adalah bahasa yang sulit dipelajari dan jika katakanlah sekelompok insinyur dari Mali diundang ke China untuk mengikuti pelatihan selama enam bulan, mereka tidak mungkin diharapkan untuk belajar bahasa Mandarin dalam waktu yang cukup untuk instruksi dalam bahasa Mandarin," Kata Benabdallah.

Dia mengatakan kebanyakan orang Afrika mengasosiasikan belajar bahasa Cina dengan melakukan bisnis daripada pendidikan tinggi.

Namun demikian, lebih banyak negara di benua itu menjadikan bahasa Mandarin sebagai bagian dari sistem pendidikan mereka. Mesir menandatangani nota kesepahaman pada hari Senin sebagai bagian dari rencananya untuk memasukkan bahasa Mandarin dalam kurikulum pendidikan bahasa keduanya.

Afrika Selatan, Uganda, Tanzania, dan Kamerun telah menambahkan bahasa Mandarin ke kurikulum sekolah mereka, dan Kenya berencana melakukannya tahun ini sebelum virus corona memaksa pemerintah untuk menangguhkan program tersebut hingga tahun depan.

Jeffrey Okundi, seorang siswa Kenya yang belajar di kota Wuhan di China tengah, mengatakan bahwa meskipun programnya di universitas dilakukan dalam bahasa Inggris, siswa perlu mempelajari dasar-dasar bahasa Mandarin.

“Anda harus belajar bahasa Mandarin untuk bertahan hidup. Anda tidak dapat melakukan apa pun tanpa dasar-dasar karena populasi siswa terbesar adalah orang Tionghoa, "katanya.

Pertanyaan bahasa adalah bagian dari survei besar tentang persepsi orang Afrika tentang China, yang terakhir dilakukan pada 2014-2015 dan kemudian mencakup 16 negara.

Afrobarometer menemukan bahwa di antara 16 negara tersebut, proporsi orang yang memiliki persepsi positif tentang China turun 5 persen tetapi tetap relatif positif sekitar 60 persen.

Dalam hal perkembangan masa depan benua itu, 23 persen responden mengatakan mereka ingin mengikuti model China, sementara 32 persen mengatakan mereka lebih suka pendekatan Amerika Serikat.

AS meluncurkan jaringan Mandarin baru saat Washington dan Beijing berjuang untuk mendapatkan pengaruh global

Soulé dari Oxford mengatakan persepsi China lebih positif di negara-negara seperti Ghana, Burkina Faso, Nigeria, Uganda, Guinea, dan Pantai Gading di mana Beijing telah berinvestasi dalam proyek infrastruktur.

“Hampir 40 persen dari warga yang disurvei dari Burkina Faso sekarang menganggap China sebagai model pembangunan terbaik untuk diikuti. Di Guinea, perusahaan China terlibat dalam proyek pertambangan dan tampaknya menganggap China memiliki pengaruh positif, ”kata Soulé.

Pada 2018, Burkina Faso secara resmi mengalihkan hubungan diplomatiknya dari Taiwan ke daratan Cina. China telah memasukkan Guinea sebagai bagian dari proyek Belt and Road Initiative yang menghubungkan negara itu dengan pelabuhan di Mali dan Senegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper