Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Lembaran uang yuan. - Bloomberg/Paul Yeung
Premium

Di Balik Ambisi China Meluncurkan Mata Uang Digital

11 September 2020 | 17:01 WIB
Rencana China meluncurkan mata uang digital makin dekat dengan kenyataan. Ada apa di balik ambisi ini?

Bisnis.com, JAKARTA — People’s Bank of China (PBOC), bank sentral China, makin dekat dengan impian mereka untuk meluncurkan versi digital mata uang yuan.

Wacana meluncurkan mata uang digital sebenarnya sudah muncul sejak 2017. Proyek ini diinisiasi mantan Gubernur PBOC Zhou Xiaochuan yang pensiun pada Maret 2018.

Tujuan utamanya adalah menciptakan sistem di mana pemerintah bisa mengontrol dan melacak distribusi uang. Menurut Zhou, hal tersebut akan sangat berguna untuk mendeteksi dan menindak pelaku pencucian uang serta aktivitas ilegal lain.

Rencana ini dilandasi kegeraman Zhou dan PBOC atas maraknya kasus pencucian uang di negara itu. Kasus pencucian uang memang jadi salah satu batu sandungan besar yang acap menyulitkan Pemerintah China.

Pada 2017 saja, menjelang Zhou lengser, total ada 10.193 kasus pencucian uang di China. Jumlah ini meningkat ketimbang 5.549 kasus pada 2016.

Itu baru yang terungkap. Pemerintah China dan PBOC punya keyakinan besar bahwa jumlah kasus-kasus yang belum bisa diungkap lebih banyak.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top