Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi Netflix. - Bloomberg/Chris Ratcliffe
Premium

Transformasi, Ambisi, dan Persaingan Netflix Menguasai Pasar Streaming Global

10 September 2020 | 14:19 WIB
Netflix baru saja mengumumkan perubahan di jajaran petinggi mereka. Bagian dari ambisi menguasai pasar global yang lebih luas di tengah ketatnya persaingan?

Bisnis.com, JAKARTA — Pengumuman hengkangnya Cindy Holland dari posisi Vice President Konten Original Netflix pada Rabu (9/9/2020), menjadi kejutan di tengah makin ketatnya persaingan industri Video-on-Demand (VoD) global.

Bergabung sejak 2002—saat perusahaan tersebut masih bergerak di jasa rental dan penjualan DVD—Holland punya peranan besar membesarkan nama Netflix.

Sosok yang pernah masuk daftar 100 orang paling berpengaruh pada 2018 versi majalah Time ini merupakan inisiator di balik manuver Netflix menciptakan konten original dengan kualitas kelas Hollywood. Beberapa di antaranya seperti Stranger Things, House of Cards, hingga Orange is the New Black, sukses mengantarkan Netflix kebanjiran pelanggan baru dari kawasan Amerika Utara.

“Menggeser perusahaan dari industri rental DVD menjadi streaming, hingga menciptakan serial dan dokumenter buatan kami sendiri, saya sangat menikmati waktu saya di sini. Saya bangga karena kami berhasil menyajikan cerita yang menarik dan berpengaruh bagi semua orang di seluruh dunia,” papar Holland dalam pernyataan resminya.

Hengkangnya lulusan Universitas Stanford itu terbilang mengejutkan. Namun, skenario tersebut memang mustahil dihindari.

Keputusan Ted Sarandos, eks Kepala Divisi Konten yang baru saja naik jabatan sebagai co-CEO untuk merampingkan struktur organisasi Netflix adalah pemantiknya. Setelah naik jabatan pada Juli 2020, Sarados meleburkan jabatan VP Konten Original dan VP Konten Berbahasa Lokal ke dalam satu pos: Kepala Divisi Televisi Global.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top