Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Film Mulan Kena Seruan Boikot di Beberapa Negara Asia, Ini Alasannya

Liu Yifei, bintang film live-action di film Mulan ini membuat penggemar cukup gerah akibat pembelaannya kepada polisi Hong Kong.
Pemeran film live action Mulan, Liu Yifei /Disney
Pemeran film live action Mulan, Liu Yifei /Disney

Bisnis.com, JAKARTA - Mulan menjadi salah satu film pertama yang rilis sejak adanya penutupan bioskop dan produksi film karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Namun, film Mulan yangd iproduksi Disney menghadapi ancaman lain yakni seruan untuk boikot di beberapa negara Asia.

Liu Yifei, bintang film live-action, pertama kali membuat marah penggemar dengan komentar yang dilaporkan mendukung polisi Hong Kong, yang telah dituduh melakukan kekerasan terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi.

Sekarang aktivis Thailand dan Taiwan juga menyuarakan agar orang-orang tidak menonton Mulan.

Seperti diketahui, pada tahun lalu terjadi aksi protes besar di Hong Kong. Orang-orang muda memimpin demonstrasi berbulan-bulan melawan undang-undang yang memungkinkan ekstradisi dari Hong Kong ke daratan China.

Protes meluas hingga mencakup tuntutan reformasi demokrasi dan penyelidikan atas dugaan kebrutalan polisi. Selama masa kerusuhan, aktris kelahiran China Liu Yifei, yang merupakan warga negara Amerika, berbagi postingan dari surat kabar Beijing People's Daily di Weibo.

"Saya mendukung polisi Hong Kong. Anda semua bisa menyerang saya sekarang. Sungguh memalukan bagi Hong Kong," tulisnya seperti dikutip BBC, Sabtu (5/9/2020).

Tak butuh waktu lama, kemudian tagar #BoycottMulan menjadi tren di Twitter.

Undang-undang ekstradisi di balik protes awal dibatalkan, tetapi pada April tahun ini banyak aktivis pro-demokrasi terkenal ditangkap oleh polisi Hong Kong. Sebulan kemudian, pengawas polisi mengatakan tidak menemukan kesalahan signifikan di pihak polisi selama protes 2019.

Kemudian pada Juni, China mengeluarkan undang-undang keamanan baru yang oleh para kritikus disebut sebagai 'akhir Hong Kong'. Detailnya dirahasiakan sampai disahkan, tetapi mengkriminalisasi banyak hal yang dapat menimbulkan ancaman bagi otoritas China di Hong Kong dan membuat mereka dapat dihukum seumur hidup di penjara.

Dengan semua sejarah itu dan semua yang masih berlangsung, aktivis terkemuka Joshua Wong angkat bicara. "Setiap orang yang percaya pada hak asasi manusia untuk #BoycottMulan," tulisnya dalam Twitter.

Klaim Joshua bahwa Disney 'bersujud ke Beijing; menggemakan komentar yang dibuat oleh Jaksa Agung AS William Barr bulan lalu. Dia mengklaim Disney dan studio Hollywood lainnya tunduk pada Beijing, menyensor film dengan mengubah skrip dan karakter kebangsaan untuk memastikan distribusi di China, yang sekarang menjadi pasar film terbesar kedua di dunia.

Film Mulan asli dirilis pada 1998 dan didasarkan pada legenda Tiongkok sejak berabad-abad lalu. Namun, film itu dikritisi lantaran memuat gagasan tentang China yang dipromosikannya cukup stereotip.

"Pengambilan orang China dapat membuat atau menghancurkan film", menurut analis budaya Xueting Christine Ni.

Itu sebagian difilmkan di Tiongkok, dan naskahnya lebih banyak berasal dari materi sumber asli abad ke-6.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper