Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua The Fed Blak-blakan Soal Suku Bunga, Ekonomi AS, dan Wall Street

“Kami pikir perekonomian akan membutuhkan suku bunga rendah, yang mendukung kegiatan ekonomi, untuk jangka waktu yang lama,” kata Powell.
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell./ REUTERS - Yuri Gripas
Federal Reserve Board Chairman Jerome Powell./ REUTERS - Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua Federal Reserve Jerome Powell menyampaikan meskipun data pengangguran Amerika Serikat pada Agustus 2020 terbilang positif, pemulihan ekonomi dari pandemi virus corona masih panjang.

Mengutip Bloomberg, oleh karena itu, The Fed akan mengambil kebijakan suku bunga rendah dalam waktu yang lebih lama.

"Pemulihan terus berlanjut, kami pikir ini akan lebih sulit. Laporan pekerjaan hari ini bagus, untuk mengembalikan ke tingkat full employment, kita harus mengendalikan penyakitnya," kata Powell dalam wawancara di National Public Radio pada Jumat (4/9/2020).

Menurut Powell, mungkin ada sedikit perlambatan dalam kecepatan perbaikan. Di pasar tenaga kerja, perbaikan itu juga berjalan, tetapi belum secepat yang diharapkan.

Powell berbicara beberapa jam setelah sebuah laporan menunjukkan pasar tenaga kerja AS memperpanjang rebound-nya untuk bulan keempat pada Agustus, dengan tingkat pengangguran turun hampir 2 poin persentase, menjadi 8,4 persen. Sementara 1,37 juta pekerja menikmati kenaikan gaji yang berbasis luas di seluruh industri.

Data ekonomi terbaru lainnya beragam. Indeks manufaktur berkembang pada Agustus pada laju tercepat sejak akhir 2018. Namun, belanja konsumen - yang menjadi jantung ekonomi AS - melambat pada Juli.

Powell menyarankan bahwa lebih banyak dukungan untuk pengangguran dan usaha kecil mungkin diperlukan untuk membantu orang Amerika yang terpukul parah oleh krisis virus corona.

Anggota parlemen tetap menemui jalan buntu pada paket bantuan lain, dengan Demokrat mendorong program yang jauh lebih besar daripada yang ingin disetujui oleh Partai Republik dan Gedung Putih.

“Kita tidak boleh membiarkan orang-orang kehilangan semua yang mereka miliki dan harus pindah atau diusir atau tinggal bersama keluarga. Itu juga tidak akan baik untuk menahan penyebaran Covid, "kata Powell. "Saya pikir kita harus melakukan semua yang kita bisa sebagai negara untuk menjaga orang-orang itu."

Dia menyarankan Fed akan berbuat lebih banyak untuk membantu ekonomi tanpa menjelaskan apa yang akan terjadi.

“Sepertinya kita perlu melakukannya seiring waktu,” kata Powell. “Kami telah melakukan banyak hal yang dapat kami lakukan, tetapi kami dapat melakukan lebih banyak dan kami akan melakukannya sesuai kebutuhan.”

Powell mengatakan kepada NPR bahwa dia melihat suku bunga tetap rendah selama bertahun-tahun.

“Kami pikir perekonomian akan membutuhkan suku bunga rendah, yang mendukung kegiatan ekonomi, untuk jangka waktu yang lama,” katanya. "Itu akan diukur dalam beberapa tahun."

Pada pertemuan Juni mereka, 17 pembuat kebijakan Fed memproyeksikan bahwa suku bunga federal fund yang mereka targetkan akan tetap mendekati nol tahun ini dan tahun depan.

Kecuali 2 anggota melihat tingkat tetap pada level itu pada tahun 2022. Para pejabat akan memberikan perkiraan kuartalan yang diperbarui pada pertemuan 15-16 September mereka, termasuk proyeksi pertama untuk 2023.

The Fed minggu lalu meluncurkan strategi jangka panjang baru untuk melakukan kebijakan moneter di mana ia akan mencari tingkat inflasi rata-rata 2 persen dari waktu ke waktu dan keuntungan "berbasis luas dan inklusif" di pasar pekerjaan.

Kerangka kerja baru, yang dibuat 1 1/2 tahun, dipandang memperkuat kebijakan moneter ultra-ekspansif Fed.

Serangkaian pembuat kebijakan minggu ini menyarankan agar mereka tidak terburu-buru membangun kerangka kerja dengan memberikan rincian yang lebih spesifik tentang rencana suku bunga mereka - yang disebut pedoman ke depan.

Sambil mengatakan bahwa dia tidak ingin mengomentari tingkat pasar saham, Powell menolak saran bahwa kebijakan moneter super longgar Fed menyebabkan gelembung harga ekuitas.

“Kaitan antara suku bunga rendah dan ketidakstabilan keuangan secara umum tidak seketat yang dipikirkan banyak orang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper