Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Seorang dokter sedang melayani konsultasi dengan pasiennya menggunakan platform kesehatan daring Halodoc di kantor pusat platform tersebut di Jakarta, Kamis (11/7/2019). - Bloomberg/Dimas Ardian
Premium

Momentum Emas Jasa Konsultasi Kesehatan Daring di Tengah Keterbatasan

01 September 2020 | 06:37 WIB
Pandemi Covid-19 membatasi aktivitas di luar ruang dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan. Kondisi ini menjadi momentum bagi jasa konsultasi kesehatan daring alias telemedicine, seperti yang terjadi pada perusahaan milik Itaru Tanimura.

Bisnis.com, JAKARTA — Pengaruh pandemi Covid-19 terhadap meningkatnya kinerja perusahaan teknologi milik Jeff Bezos, Elon Musk, hingga Ma Huateng barangkali sudah jadi rahasia umum. Namun, apakah ada yang pernah mendengar nama Itaru Tanimura?

Nama ini memang jarang mendapat perhatian publik. Padahal, perusahaan yang dipimpinnya sudah memiliki jaringan di sejumlah negara.

Memulai sepak terjang sebagai karyawan McKinsey & Co, pada pengujung tahun 2000, Tanimura pensiun dini di usia 35. Dia pensiun untuk memimpin sebuah perusahaan yang baru dirintis dengan nama M3 Inc.

M3 adalah kependekan dari tiga istilah berawalan huruf M, Medicine (obat-obatan), Media, dan Metamorphosis. Seperti namanya, perusahaan ini berfokus menyediakan bank data kesehatan untuk bisa diakses publik maupun perusahaan-perusahaan farmasi digital di seluruh dunia.

Dua puluh tahun lalu, saat perusahaan ini pertama dirintis, orang-orang termasuk Tanimura sendiri tak membayangkan M3 Inc bakal jadi perusahaan kelas dunia. Namun, toh skenario di luar ekspektasi itu kini bukan lagi sekadar mimpi siang bolong.

M3 Inc, yang telah tercantum di Bursa Efek Tokyo dengan kode emiten 2413, tercatat telah mendapat pendaan dari Sony Corporation, Baillie Gifford & Co, JPMorgan, NTT Docomo, Daiwa Asset, Nikko Asset Management, Nomura Asset Management, Harding Loevner LP, hingga Sumitomo Mitsui Trust & Asset Management.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top