Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Corona Cemari Sayap Ayam? Brasil Minta China Berikan Bukti

Pihak China yang menyatakan bahwa sayap ayam yang diekspor Brasil ke Negeri Tirai Bambu telah tercemar Virus Corona.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SAU PAULO - Dugaan bahwa sayap ayam tercemar virus Corona telah menimbulkan masalah baru terkait pandemi Covid-19 dan perdagangan antaranegara.

Hal itu bermula dari pernyataan pihak China yang menyatakan bahwa sayap ayam yang diekspor Brasil ke Negeri Tirai Bambu telah tercemar Virus Corona.

Brasil pun lantas meminta China memberikan hasil tes laboratorium yang mendeteksi jejak virus Corona baru pada sayap ayam yang diekspor negara Amerika Selatan itu. Demikian pernyataan Kementerian Pertanian Brasil kepada Reuters, Rabu (26/8/2020).

Menurut pernyataan itu, permintaan bukti tes laboratorium diajukan selama pertemuan di Kota Shenzhen, Provinsi Guandong, tempat atase pertanian Brasil melakukan pembicaraan dengan para pejabat kesehatan dan perdagangan China pada Selasa (25/8/2020).

Sebagai tanggapan, menurut pernyataan pihak Brasil, pihak China mengatakan hasil laboratorium itu disimpan oleh otoritas kesehatan Guangdong, yang tidak mengikuti pertemuan.

Para pejabat Brasil mengatakan akan terus bekerja sama dengan pemerintah kota, provinsi, dan pusat China untuk mendapatkan laporan laboratorium tersebut serta informasi lainnya yang berkaitan dengan kasus tersebut.

Klaim soal pencemaran itu berkaitan dengan sayap ayam yang diproduksi di sebuah pabrik unggas Brasil yang terdaftar dengan nomor SIF 601, demikian disebutkan dalam pernyataan itu.

Aurora, perusahaan yang menjalankan produksi pabrik itu di Brasil Selatan, secara sukarela menangguhkan ekspor unggas ke China mulai 20 Agustus sambil menunggu penjelasan lebih lanjut terkait dugaan kontaminasi.

Menurut pemerintah Brasil, pejabat China pada pertemuan itu mengatakan tiga sampel dinyatakan positif mengidap virus Corona jenis baru.

Dari ketiga sampel, satu diambil dari sayap ayam dan dua dari kemasan produk yang berasal dari pabrik Aurora di kota Xaxim.

"Otoritas kesehatan di Shenzhen tidak dapat mengatakan apakah temuan itu hanya berkaitan dengan deteksi bahan genetik virus atau virus aktif, juga tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang dugaan temuan itu," menurut pernyataan pihak Brasil.

Dugaan kontaminasi menyebabkan Filipina memberlakukan larangan sementara terhadap impor daging unggas dari Brasil.

Selain Filipina, Hong Kong juga menghentikan sementara impor ayam dari fasilitas Xaxim Aurora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper