Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kondisi gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, Minggu (23/8/2020). Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat mengatakan petugas dari tim laboratorium forensik (Labfor) dan Inafis menunda olah tempat kejadian (TKP) kebakaran gedung Kejaksaan Agung karena terkendala asap sehingga belum dapat menjangkau secara keseluruhan lokasi kebakaran, rencananya olah TKP akan dilakukan pada Senin (24/8/2020). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Premium

Gelisah Kebakaran Kejagung : Dari Jiwasraya Hingga Djoko Tjandra

24 Agustus 2020 | 16:44 WIB
Kebakaran yang melanda gedung Kejaksaan Agung pada akhir pekan lalu, menuai kekhawatiran terkait kelanjutan kasus-kasus besar yang tengah diperiksa. Apa saja kasus-kasus tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA — Ada saja cobaan terhadap penegakan hukum di Indonesia. Baru satu per satu kasus besar mendapat titik temu, kini gonjang-ganjing muncul akibat kebakaran yang melahap Gedung Kejaksaan Agung di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (22/8/2020).

Tak kurang dari 300 mobil pemadam kebakaran dan 130 petugas dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah. Empat lantai bangunan akhirnya dilahap api, walau pemerintah mengklaim tak ada dokumen yang rusak atau hilang karena kejadian tersebut.

“Dokumen perkara aman, sehingga kelanjutan penanganan perkara tak akan terganggu,” kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD.

Dia lantas mengimbau agar publik menahan spekulasi macam-macam. Mahfud berpikiran positif bahwa kejadian itu tak ada kaitannya dengan tumpukan kasus berat yang tengah ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung).

“Spekulasi juga tak perlu jauh dikembangkan,” ucapnya.

Pada Senin (24/8), kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap 19 saksi. Selain pemeriksaan, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri juga tengah melakukan analisis pemicu kebakaran.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top