Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Seorang anggota TNI berdiri di dekat deretan truk tangki sebelum melakukan pendistribusian BBM di Integrated Terminal Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (6/7/2020). Pertamina MOR III berupaya memenuhi kebutuhan BBM untuk wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) hingga 2.600 KL per hari yang sebagian besar diproduksi di Kilang Pertamina Balongan. - ANTARA FOTO/Dedhez Anggara
Premium

Pertamina Pamit dari Fortune Global 500, Ini Rekam Jejak Perusahaan Indonesia

14 Agustus 2020 | 14:23 WIB
Daftar Fortune Global 500 teranyar baru saja dirilis. BUMN migas PT Pertamina (Persero) sudah terdepak. Siapa wakil Indonesia di daftar perusahaan terbaik dunia itu sekarang?

Bisnis.com, JAKARTA — Habis sudah perusahaan Indonesia di daftar 500 perusahaan global terbaik versi Fortune. Dalam daftar tahunan yang dirilis baru-baru ini, PT Pertamina (Persero) tak lagi masuk di dalamnya.

Padahal, tahun lalu, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) itu masih masuk dalam daftar 200 besar, tepatnya di peringkat ke-175. Pertamina juga sempat menyasar masuk dalam 100 besar daftar tersebut pada 2026.

Perusahaan pelat merah ini sekaligus menjadi satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk dalam Fortune Global 500 selama 7 tahun berturut-turut hingga 2019. 

Satu-satunya perusahaan Indonesia lain yang juga pernah masuk dalam daftar prestise itu adalah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) alias PLN. BUMN setrum itu sempat mencicipi Fortune Global 500 pada 2014 dan 2015, masing-masing di peringkat 477 dan 480.

Dalam penjelasannya, Fortune menerangkan peringkat dalam daftar ini dilihat dari kinerja keuangan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia per tahun fiskal yang berakhir sebelum 31 Maret 2020. Semua perusahaan harus mempublikasikan laporan keuangan mereka ke pemerintah setempat. 

Kinerja keuangan yang dimaksud mencakup pendapatan, laba bersih, neraca, serta jumlah pegawai. 

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top