Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Petugas kesehatan menunjukan vaksin saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Simulasi tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan tenaga medis dalam penanganan dan pengujian klinis tahap III vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada 1.620 relawan. - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Premium

Misi Penting Pencarian Vaksin Covid-19

11 Agustus 2020 | 14:23 WIB
Pemerintah Indonesia, melalui sejumlah perusahaan dan lembaga, ikut berburu vaksin Covid-19. Bagaimana perkembangannya?

Bisnis.com, JAKARTA — Holding BUMN farmasi, PT Bio Farma (Persero), memulai misi penting pada Selasa (11/8/2020). Hari ini, Bio Farma dijadwalkan melakukan uji coba klinis calon vaksin Covid-19 terhadap 1.620 relawan yang sebelumnya telah mendaftarkan diri di Universitas Padjadjaran, Bandung.

“Saya dan Pak Doni [Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo] bersama Pak Presiden akan menyaksikan vaksin perdana di Bandung, Jawa Barat. Ini sudah lebih cepat, yang tadinya September, kita bisa majukan 3 minggu. Ini perjuangan profesor dan para dokter, tentu Bio Farma juga,” tutur Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (10/8).

Seperti kata Erick, berbagai langkah efisiensi waktu sedang dijajaki pemerintah. Kecepatan pengujian vaksin pun tidak lepas dari ‘jalan pintas’ yang diambil Indonesia melalui kerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac.

Kerja sama Indonesia dengan Sinovac terungkap lewat pernyataan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro pada 9 Januari 2020. Kemudian, sebanyak 2.400 dosis vaksin kiriman perusahaan yang berkantor pusat di Beijing tersebut tiba di Indonesia pada 19 Juli 2020.

Erick menyampaikan vaksin yang tiba telah lolos pengujian tahap 1 dan 2 di China. Namun, uji coba tahap 3 tak bisa cuma dilakukan di Negeri Panda karena angka persebaran kasus di negara tersebut sudah rendah.

Faktor itulah yang kemudian mendorong Sinovac mencari mitra ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top