Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Profil Yohanes Bayu Samodro, Dirjen Bimas Katolik yang Baru

Menteri Agama Fachrul Razi melantik beberapa Eselon I di lingkungan Kementerian Agama, termasuk Yohanes Bayu Samodro.
Yohanes Bayu Samodro (kiri) dilantik sebagai Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama/Dok.-Kementerian Agama
Yohanes Bayu Samodro (kiri) dilantik sebagai Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama/Dok.-Kementerian Agama

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi melantik beberapa Eselon I di lingkungan Kementerian Agama, termasuk salah satunya adalah Yohanes Bayu Samodro menjadi Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik, pada Senin (10/8/2020).

Dikutip dari laman kemenag.go.id, pria yang kini berusia 48 tahun ini pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Yayasan Hati Suci. Pada periode 2012-2018 dia juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pengurus Harian Paroki Santo Laurensius Alam Sutra, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Bayu, panggilan akrabnya, terpilih menjadi Direktur Jenderal Bimas Katolik setelah melalui seleksi lelang terbuka yang dimulai April 2020. Dia menggantikan Dirjen Bimas Katolik sebelumnya yakni Eusabius Binsasi memasuki pensiun sejak Juni 2019.

Pada saat itu, diketahui tugas administrasi harian Dirjen Bimas Katolik sempat diemban oleh tiga orang pelaksana tugas yakni Muhammadiyah Amin, M. Nur Kholis Setiawan, dan terakhir dijabat oleh Aloma Sarumaha.

Adapun Bayu merupakan lulusan Strata Satu (S1) Program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, FKIP Unika Atma Jaya Jakarta pada 1995. Dia melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Kristen Indonesia dengan mengambil Program Magister Administrasi Manajemen Pendidikan.

Seperti diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi hari ini melantik lima pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Agama, Senin (10/9/2020).

Mereka adalah para pejabat yang terpilih melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya. Para pejabat yang dilantik telah mengikuti seleksi sejak April 2020. 

Dalam sambutannya, Menag Fachrul Razi meminta para pejabat yang menduduki posisi baru dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat. Pelantikan ini juga diharap menjadi amunisi baru bagi kementerian tersebut.

“Hampir satu tahun kita mengalami kekosongan enam jabatan Eselon I, tetapi selama ini Kemenag tetap bisa berlari dengan kencang. Sekali lagi, saya ucapkan selamat menunaikan tugas dengan baik," katanya melalui keterangan resmi, Senin (10/8/2020).

Selain Yohanes Bayu Samodro, Menag juga melantik beberapa pejabat lain, yakni Deni Suardini sebagai Inspektur Jenderal, Muhammad Ali Ramdhani  sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Tri Handoko Seto sebagai Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu, dan Achmad Gunaryo sebagai Kepala Balitbang Diklat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper