Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ledakan di Beirut Ciptakan Lubang Sedalam 43 Meter

Ledakan yang dirasakan di seluruh wilayah dan sejauh pulau Siprus, dicatat oleh sensor American Institute of Geophysics (USGS) memiliki kekuatan gempa 3,3 skala Richter.
Lubang akibat ledakan di Beirut
Lubang akibat ledakan di Beirut

Bisnis.com, JAKARTA - Ledakan besar yang melanda pelabuhan Beirut, menghancurkan sebagian besar ibu kota Lebanon dan merenggut lebih dari 150 nyawa, meninggalkan lubang sedalam 43 meter (141 kaki), kata seorang pejabat keamanan pada Minggu (9 Agustus).

Ledakan yang dirasakan di seluruh wilayah dan sejauh pulau Siprus, dicatat oleh sensor American Institute of Geophysics (USGS) memiliki kekuatan gempa 3,3 skala Richter. Ledakan Itu dipicu oleh kebakaran di gudang pelabuhan, di mana kiriman besar amonium nitrat berbahaya, bahan kimia yang dapat digunakan sebagai pupuk atau sebagai bahan peledak, telah mendekam selama bertahun-tahun, menurut pihak berwenang.

Ledakan besar itu juga melukai sedikitnya 6.000 orang dan membuat lebih dari 300.000 orang mengungsi dari rumah mereka yang hancur atau rusak. Demikian dikutip dari channelnewsasia.com.

Pengungkapan bahwa bahan kimia telah mendekam selama bertahun-tahun seperti bom waktu yang berdetak di jantung ibu kota telah menjadi bukti yang mengejutkan bagi banyak orang Lebanon. 

Para pengunjuk rasa pada hari Minggu menyerukan unjuk rasa anti-pemerintah yang diperbarui setelah malam protes yang marah membuat mereka menyerbu beberapa kementerian sebelum mereka diusir oleh tentara. 

"Ledakan di pelabuhan meninggalkan lubang sedalam 43 meter," kata pejabat keamanan Lebanon, mengutip penilaian para ahli Prancis yang bekerja di daerah bencana.

Kawah tersebut jauh lebih besar dari yang ditinggalkan oleh ledakan besar pada tahun 2005 yang menewaskan mantan perdana menteri Rafic Hariri, yang berukuran 10m dan kedalaman 2m, menurut pengadilan internasional yang menyelidiki pembunuhannya.

Tim penyelamat dan polisi Prancis termasuk kelompok spesialis tanggap darurat internasional yang membanjiri Lebanon untuk memberikan bantuan atas bencana.itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper