Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MPR Minta Pemerintah Serius Tangani Kesulitan Dunia Pendidikan pada Masa Pandemi

Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menyatakan stimulus di dunia pendidikan sangat dibutuhkan khususnya selama masa pandemi Covid-19.
Orangtua siswa mengantarkan anaknya mendaftar sekolah di SMP 115, Jakarta, Senin (24/6/2019)./Antara
Orangtua siswa mengantarkan anaknya mendaftar sekolah di SMP 115, Jakarta, Senin (24/6/2019)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan meminta pemerintah memperhatikan dengan serius kesulitan dunia pendidikan yang terdampak pandemi Covid-19.

Politikus Partai Demokrat ini juga mendorong pemerintah merasakan kesulitan banyak orangtua dalam membayar iuran pendidikan.

"Pemerintah harus perhatikan ini. Banyak masyarakat kita yang sangat kesulitan keuangan akibat pandemi, sehingga merasa kesulitan membayar iuran pendidikan. Ini dilematis. Saya rasa stimulus untuk dunia pendidikan sangat perlu," ujar pria yang akrab disapa Syarief Hasan ini usai menghadiri acara Temu Tokoh Nasional, di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Hidayah Al-Khodijiyyah, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (8/8/2020).

Hadir dalam acara itu Ketua Majelis Ulama Indonesia Cianjur, KH Ahmad Yani, pengurus Dewan Kesenian Cianjur, para tokoh masyarakat desa, Pimpinan Ponpes KH Denny Ramdhani, dan sekitar 300 santri dan santriwati Ponpes Nurul Hidayah Al-Khodijiyyah.

Syarief yang juga anggota Komisi I DPR dari Fraksi Partai Demokrat itu mendorong pemerintah memperhatikan kesulitan ponpes di kala pandemi Covid-19.

Mengenai pendidikan jarak jauh, dia mendorong pemerintah untuk mengevaluasi kembali apakah dapat membantu atau malah memberatkan dunia pendidikan, khususnya di pondok pesantren.

Menurutnya, sudah semestinya negara hadir melakukan berbagai kebijakan dan langkah-langkah riil guna membantu Ponpes bangkit dari dampak berat akibat pandemi Covid-19.

"Saya melihat bahwa Ponpes mesti diberikan akselerasi penanganan yang cepat melalui berbagai program-program yang tepat, sehingga ponpes bisa lebih bertahan dan bangkit di tengah pandemi ini," ujarnya.

Dia pun mengingatkan pemerintah bahwa tanggung jawab MPR juga untuk membantu meringankan biaya pendidikan.

Oleh sebab itu, dia terus mendorong dan mendukung pemerintah dalam mengatasi, melakukan berbagai koordinasi dengan elemen-elemen bangsa, khususnya di sektor pendidikan, agar dampak pandemi Covid-19 bisa cepat teratasi.

"Saya rasa, bencana ini adalah tanggung jawab kita semua sebagai satu bangsa termasuk MPR," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper