Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sastrawan & Budayawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Sastrawan dan budayawan asal Jawa Barat, Ajip Rosidi, meninggal dunia pada Rabu (29/7/2020) malam setelah menjalani perawatan lantaran terhatuh di salah satu rumah anaknya di Magelang, Jawa Tengah.
Satrawan Ajip Rosidi/Istimewa
Satrawan Ajip Rosidi/Istimewa

Bisnis.com, MAGELANG – Sastrawan dan budayawan asal Jawa Barat, Ajip Rosidi, berpulang ke rahmatullah pada Rabu (29/7/2020) dalam usia 82 tahun. Dia meninggal dunia sekitar pukul 22.30 WIB dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar Kota Magelang, Jawa Tengah.

"Betul [meninggal dunia]. Ini saya sedang 'ke sana ke mari' [sibuk mengurus banyak hal]," kata salah satu putra Ajip, Nundang Rundagi, melalui telepon di Magelang.

Ajip menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar, karena sakit sejak selama sepekan terakhir setelah terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Nundang belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman karena masih sibuk mengurus jenazah ayahnya.

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak akibat terjatuh tersebut.

Ajip, yang berasal dari Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, menaruh minat besar terhadap perkembangan bahasa dan sastra Sunda.

Almarhum menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Dia meraih gelar doktor kehormatan bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011.

Indonesia kehilangan dua sastrawan dan budayawan papan atas hanya dalam rentang 10 hari. Pada 19 Juli lalu, sastrawan Sapardi Djoko Darmono meninggal duniadalamusia 80 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper