Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pelaksanaan ibadah haji 2020. - Bloomberg
Premium

Efek Domino Pembatasan Haji Arab Saudi 2020

30 Juli 2020 | 14:19 WIB
Pandemi Covid-19 membuat Arab Saudi membatasi jumlah jamaah haji tahun ini. Dampaknya ternyata tak hanya dirasakan warga lokal, tapi juga mitra dagang negara itu.

Bisnis.com, JAKARTA — Biasanya, 2-3 bulan sebelum Iduladha Samiur Rahman sudah bisa mengumpulkan duit untuk bertahan hidup sampai akhir tahun. Tetapi, tahun ini, alih-alih punya dompet tebal, untuk bertahan hidup pun sopir taksi asal Arab Saudi itu kebingungan.

Pemerintah Arab Saudi memang jadi melaksanakan prosesi haji tahun ini. Namun, pembatasan jumlah jamaah terkait upaya memutus pandemi Covid-19, menimbulkan efek domino terhadap aktivitas ekonomi para pedagang dan sopir taksi di kerajaan itu.

Bagaimana tidak, tahun ini ibadah tahunan itu cuma diikuti 10.000 orang, jauh ketimbang angka 2 juta peserta pada tahun-tahun sebelumnya. Jumlah 10.000 peserta itu pun seluruhnya warga yang tinggal di Arab Saudi, termasuk Warga Negara Asing (WNA), sesuai ketentuan pemerintah.

Bagi Rahman, seperti disampaikan kepada BBC, di sinilah letak permasalahannya. Warga lokal cenderung tidak membelanjakan uangnya jor-joran untuk membeli oleh-oleh apalagi berkeliling kota dengan transportasi umum. Perputaran uang pun akhirnya berjalan tak sesuai harapan.

Sajjad Malik, juragan pool taksi tempat Rahman bekerja, mengakui nasib buntung bukan cuma dialami 1-2 orang. Hampir semua sopirnya mengeluhkan penurunan pendapatan, dan minimnya pemasukan bikin kelangsungan bisnis Malik pun turut terancam.

“Sopir-sopir saya saat ini kesulitan mencari makan dan mereka terpaksa harus tidur 4-5 orang di satu ruangan yang didesain cuma buat 2 penghuni,” tuturnya seperti diwartakan BBC, Rabu (29/7/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top