Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana kantor pusat Ant Financial di Hangzhou, China, Kamis (17/10/2019). - Bloomberg/Qilai Shen
Premium

Siapa Ant Group, Perusahaan Finansial Raksasa yang Segera Melantai di 2 Bursa?

22 Juli 2020 | 15:19 WIB
Ant Group bakal melakukan Initial Public Offering (IPO) di bursa Shanghai dan Hong Kong. Bagaimana sejarah perusahaan ini hingga menjadi perusahaan layanan finansial raksasa yang mampu mengejar valuasi US$200 miliar?

Bisnis.com, JAKARTA — Miliarder Jack Ma bersama koleganya di grup Alibaba tengah bersiap menapaki jalan untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Salah satu perusahaan yang terafiliasi dengan Alibaba, Ant Group, bakal melakukan Initial Public Offering (IPO) di dua lokasi sekaligus, yakni Shanghai dan Hong Kong.

Ant Group tak mematok spesifik berapa dana yang bakal dikejar dalam listing ini. Namun, Bloomberg menaksir mereka berpotensi besar memecahkan rekor US$29 juta milik Saudi Aramco.

Perusahaan layanan finansial itu juga ditaksir mengejar valuasi lebih dari US$200 miliar, naik 25 persen ketimbang valuasi pada ronde pendanaan terakhirnya yang sebesar US$150 miliar.

Listing di dua bursa sebenarnya bukan hal yang luar biasa bagi perusahaan-perusahaan Negeri Panda, tapi kini animonya tak lagi setinggi dulu. Ruwetnya mengatur penjualan di dua rezim ekonomi berbeda menjadi alasan fenomena itu makin langka.

Namun, bagi Ant Group, langkah ini dianggap tepat menimbang eskalasi yang tengah terjadi antara China dan Hong Kong. Selain itu, melantai di dua bursa adalah hal wajar buat perusahaan sekelas Ant Group.

Didirikan Jack Ma pada 2015, Ant Group dulunya bernama Ant Financial. Selain Alibaba, kekuatan modal mereka kala itu ditopang investor dari China Investment Corp (CIC), CCB Trust, China Life, China Post Group, China Development Bank Capital, dan Primavera Capital Group.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top