Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: Publik Masih Percaya Jokowi Mampu Tangani Covid-19

Sebanyak 55,3 persen responden mengaku puas dan 34,6 persen kurang puas dengan kinerja pemerintah dalam penanganan Covid-19.
Presiden Joko Widodo/ANTARA-BPMI Setpres-Handout
Presiden Joko Widodo/ANTARA-BPMI Setpres-Handout

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik mencatat kepuasan publik terhadap pemerintah dalam pencegahan dan penanganan virus Corona atau Covid-19.

Direktur Eksekutif Survei Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan berdasarkan hasil suvei melalui telepon terhadap 1.200 responden menunjukan pada Juli sebanyak 55,3 persen responden mengaku puas dan 34,6 persen kurang puas dengan kinerja pemerintah.

Burhanuddin menilai tingkat angka kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo sekitar 65,1 persen. Tren kepuasan tersebut menurutnya masih cukup stabil jika dibandingkan dengan dua bulan lalu.

"Tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden dalam menangani pandemi masih cukup tinggi. Ada penurunan sedikit tapi tidak segnifikan dibandingkan sebelum pandemi," kata Burhanuddin saat paparan survei Selasa (21/7/2020).

Sementara, lanjunya,tingkat kepercayaan terhadap Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto cukup rendah atau semakin menurun.

Berdasarkan hasil Survei bulan Mei, hanya 48,4 persen yang cukup percaya dalam penanganan Covid-19, dan pada Juli semakin menurun menjadi 36,7 persen yang percaya.

Sementara itu hasil survei juga menunjukkan publik cukup atau sangat puas (62,4 persen) atas kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin Doni Monardo.

"Mayoritas publik puas atas kinerja Kepolisian dalam membantu pelaksanaan kebijakan penangan wabah. Mayoritas publik percaya Kepolisian dan TNI dalam menjaga keamanan selama wabah berlangsung. Mayoritas menilai kinerja TNI dan Polri dalam menjaga keamanan selama masa wabah sudah cukup atau sangat kompak, 81 persen," terang Nurhanuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper