Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Eks bos Nissan dan Renault Carlos Ghosn berbicara kepada media terkait pelariannya dari Jepang dalam sebuah konferensi pers di Beirut, Lebanon, Rabu (8/1/2020). - Bloomberg/Hasan Shaaban
Premium

Jerat Drama Pelarian Carlos Ghosn

20 Juli 2020 | 16:40 WIB
Eks bos Nissan Motor Co. Carlos Ghosn kini tinggal dengan tenang di rumahnya di Beirut, London. Namun, orang-orang yang diduga dan disangka membantu pelariannya mulai terusik oleh para penegak hukum.

Bisnis.com, JAKARTA — Drama pelarian eks bos Nissan Motor Co. Carlos Ghosn rupanya belum berakhir. Kini, upaya menjerat Ghosn dilakukan dengan terlebih dulu menyasar orang-orang yang diduga terlibat dalam kasus itu.

Ghosn sebelumnya bersikeras pelariannya direncanakan dan dilakukan sendiri, tanpa bantuan keluarganya. Namun, temuan terbaru menunjukkan bahwa setidaknya salah satu anggota keluarganya terlibat.

Laporan Bloomberg, Jumat (17/7/2020), menyampaikan bukti-bukti yang dikumpulkan Kejaksaan Jepang menyebutkan Ghosn sempat bertemu dengan salah satu putrinya, Maya, pada hari dia kabur dari Tokyo.

Maya Ghosn, yang diketahui bekerja di Chan Zuckerberg Initiative—yayasan yang berada di bawah Mark Zuckerberg dan istrinya—di California, AS, makan siang dengan ayahnya di sebuah restoran pada Minggu (29/12/2019). Dia kemudian mengirimkan koper ke sebuah hotel, tempat di mana dia bertemu dengan Peter Taylor, salah satu orang yang dituding membantu pelarian Ghosn.

Meski demikian, dokumen terkait tidak menyebutkan apakah Maya mengetahui dengan pasti rencana ayahnya. Juru bicara Keluarga Ghosn Leslie Jung-Isenwater membantah keterlibatan Maya dalam kaburnya Ghosn Senior.

Maya pun belum memberikan respons atas apa yang disampaikan dokumen tersebut. Masih belum diketahui pula apakah ada upaya hukum yang akan diajukan terhadapnya dan apa bentuknya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top