Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir, Dipercaya Jokowi dari Asian Games hingga Pimpin Tim Pengendalian Corona

Menteri BUMN Erick Thohir kembali mendapat tugas penting dari Presiden Jokowi yaitu menjadi Ketua Pelaksana Tim Pengendalian Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020)./ ANTARA - Rivan Awal Lingga
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020)./ ANTARA - Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo lagi-lagi memberikan kepercayaan kepada Erick Thohir untuk mengemban tugas penting. Erick yang saat ini menjabat sebagai Menteri BUMN, mendapatkan amanat sebagai ketua pelaksana tim khusus yang dibentuk kepala negara untuk penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Erick akan mengkoordinasikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dan Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin.

Erick bertugas di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang dibantu oleh 6 wakil ketua. Mereka adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD.

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun, Erick dikenal sebagai pengusaha media yang gemar mengakusisi klub olahraga. Di Amerika Serikat Erick memiliki klub sepak bola DC United dan juga klub basket Philadelphia 76ers. Di dalam negeri, dia tercatat sebagai pemilik klub basket Satria Muda.

Namanya mencuat ke publik pasca mengambil alih kepemilikan saham klub sepak bola Italia, Inter Milan dari Massimo Morrati dan menempatkannya sebagai presiden klub.

Sementara itu, nama Erick mulai bersinar di mata Jokowi usai sukses menyelenggarakan Asian Games 2018 Jakarta - Palembang. Erick kala itu menjadi ketua panitia pelaksana atau INASGOC Asian Games.

Kemudian, Jokowi pun memiliih Erick sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma’ruf pada Pemilihan Presiden 2019. Erick mengaku mendapatkan tawaran tersebut sejak Agustus 2018 atau saat Asian Games masih berlangsung.

Jokowi sempat memberikan alasan memilih saudara kandung bos PT Adaro Energy, Garibaldy Thohir atau Boy Thohir ini.

“Setiap hal yang beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir kita masih ingat beliau ketua Inasgoc di Asian Games 2018,” ujar Jokowi di posko pemenangan, Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/9/2018).

Setelah Jokowi mendapatkan kembali kursi presiden untuk periode kedua, Erick pun masuk ke dalam jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju. Dia dipercaya menjadi menteri yang mengurusi perusahaan pelat merah. Dia menggantikan Rini Soemarno yang sebelumnya menjadi Menteri BUMN sepanjang periode pertama Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper