Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Peneliti melakukan penelitian dalam pengembangan vaksin Covid-19 di Prancis. - Bloomberg/Adrienne Surprenant
Premium

Cozy Bear, Peretas Rusia di Pilpres AS yang Kini Mengusik Riset Vaksin Corona

17 Juli 2020 | 13:17 WIB
Serangan siber menyasar pengembangan vaksin virus corona diduga terkait dengan Rusia. Siapakah APT29, alias Cozy Bear, kelompok peretas yang ada di baliknya?

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Keamanan Siber Nasional Inggris (National Cyber Security Centre/NCSC) muncul ke hadapan publik dengan kabar mengkhawatirkan, Kamis (16/7/2020).

Mereka mengklaim telah mengidentifikasi upaya peretasan terhadap riset vaksin Covid-19 selama 5 bulan terakhir.

“Kami mengutuk serangan tercela ini, karena mengganggu pekerjaan vital untuk memerangi pandemi Covid-19,” ujar Direktur Operasi NCSC Paul Chichester seperti dilansir The Guardian.

Yang kemudian menuai sorotan, NCSC meyakini peretasan tersebut dilakukan oleh APT29 alias The Dukes alias Cozy Bear, sebuah kelompok peretas. Keyakinan ini juga didasari laporan serupa yang mereka dapat dari Badan Komunikasi dan Keamanan Kanada (Communication Security Establishment/CSE) serta berbagai institusi intelijen AS seperti Cybersecurity and Infrastructure Security Agency (CISA) dan National Security Agency (NSA).

Lantas, siapakah APT29?

Greg Miller dalam The Apprentice: Trump Russia and The Subversion of American Democracy (2018, hal.46) menyebut APT29 sebagai kelompok peretas yang terafiliasi dengan dua lembaga intelijen asal Rusia, FSB dan SVR.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top