Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Suasana aktivitas jual beli di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Minggu (14/6/2020). - ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Premium

Uji Materi UU Covid-19 : 'Rasa Amerika' dalam Gugatan Baru Amien Rais dan Din Syamsuddin

17 Juli 2020 | 14:48 WIB
Amien dan Din sepakat menggugat Perpu 1/2020 ke Mahkamah Konstitusi (MK) bersama puluhan tokoh lain. Mereka meminta sejumlah materi dalam beleid itu dibatalkan karena bertentangan dengan UUD 1945.

Bisnis.com, JAKARTA — Siapa pemerhati politik Indonesia yang tidak tahu Amien Rais? Siapa pula elite negeri ini yang tidak pernah mendengar nama Din Syamsuddin?

Amien dan Din digolongkan sebagai intelektual muslim. Apalagi, kedua tokoh itu pernah menjadi ketua umum ormas Islam terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah.

Selain di masyarakat sipil, Amien dan Din berkecimpung di dunia politik dan pernah berkantor di bekas lembaga tertinggi negara, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Malahan, Amien memimpin MPR periode 1999—2004 setelah namanya melambung sebagai ikon gerakan reformasi 1998.

Walau punya seabrek atribut, Amien dan Din tidak mungkin melupakan dari mana mereka berasal. Lagi, keduanya memiliki kesamaan yakni beranjak dari dunia kampus. Puncak karier akademisi sudah diraih dua tokoh tersebut, masing-masing di Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top