Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Deretan karton minuman berenergi Red Bull dipajang di sebuah supermarket di Redhill, Inggris, Selasa (27/3/2018). - Bloomberg/Simon Dawson
Premium

Kejayaan dan Kontroversi Keluarga Yoovidhya, Penguasa Red Bull dari Thailand

16 Juli 2020 | 19:50 WIB
Krating Daeng, atau dikenal juga dengan Red Bull, bukanlah merek yang asing bagi masyarakat Indonesia. Namun, siapa yang tahu jika minuman berenergi ini ternyata dikuasai oleh Keluarga Yoovidhya, salah satu keluarga terkaya di Asia?

Bisnis.com, JAKARTA — Pada awal April 2020, Forbes mempublikasikan laporan yang menyita perhatian publik Thailand. Media yang kerap membuat pemeringkatan orang terkaya dunia itu menulis bahwa kendati terpukul pandemi Covid-19, sebagian konglomerat di Negeri Gajah Putih masih tetap menuai peningkatan kekayaan.

Salah satu di antaranya adalah Chalerm Yoovidhya, putra dari Chaleo Yoovidhya yang merupakan pendiri TCP Group dan Red Bull GmbH. Dengan kekayaan yang naik jadi US$20,2 miliar per April 2020, dia bahkan naik ke urutan dua daftar orang terkaya di Thailand versi Forbes.

Posisinya cuma kalah dari Chearavanont bersaudara yang mendulang kekayaan terbaru senilai US$27,3 miliar.

Adapun secara keseluruhan, Keluarga Yoovidhya berada di daftar 25 besar keluarga terkaya Asia versi Forbes, dengan harta US$13,1 miliar per 2017. Nilainya bisa jadi sudah berubah pada saat ini, meski tetap tak membuat keluarga itu keluar dari daftar orang-orang kaya Asia.

Apa yang dialami Chalerm itu tidak lepas dari kenaikan permintaan minuman berenergi secara global, bahkan di tengah pandemi. Laporan terbaru Statista yang dirilis Mei 2020, memproyeksi pasar minuman berenergi akan tumbuh 7,2 persen hingga 2026.

Sebagai catatan, pada 2018, penjualan minuman berenergi mencapai US$53,01 miliar. Tahun ini, nominalnya diprediksi naik jadi US$56,68 miliar dan bakal terus meningkat sampai US$86,01 miliar pada 2026.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top