Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf: Vaksin Covid-19 Diharapkan Tersedia Pertengahan 2021

Wapres Ma'ruf Amin menyatakan pemerintah mendukung upaya penelitian vaksin Covid-19 hingga target tersedianya vaksin pada pertengahan 2021 dapat direalisasikan.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).  Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan usai menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Wapres meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait jenazah pasien positif virus corona (COVID-19) yang meninggal dunia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menargetkan vaksin virus Corona (Covid-19) ditemukan pada pertengahan tahun depan. Wakil Presiden Ma`ruf Amin mengajak masyarakat berdoa agar penawar virus tersebut bisa lebih awal ditemukan.

Saat memberikan sambutan dalam dialog virtual nasional lintas iman, Wapres menyebut saat ini upaya dunia untuk menemukan vaksin untuk Covid-19 terus dilakukan. Langkah tersebut juga tengah diupayakan oleh Indonesia.

Menurut Wapres, pemerintah mendukung upaya tersebut hingga target tersedianya vaksin pada pertengahan tahun depan dapat direalisasikan.

“Bahkan kita doakan bisa lebih awal lagi [ditemukan vaksin] karena virus ini masih merupakan ancaman yang serius mengingat tingkat penularan yang masih tinggi,” katanya, Selasa (13/7/2020).

Adapun, hingga Senin (13/7/2020), jumlah pasien positif menjadi 76.981 kasus dengan 36.636 orang dirawat. Sementara itu, 36.689 orang sembuh dan 3.656 atau 4,70 persen meninggal dunia.

Sementara itu, pemerintah telah memulai proses penemuan vaksin yang dipimpin oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Menristek Bambang Brodjonegoro sempat mengarakan bahwa dalam waktu setahun sejak Maret 2020, diperkirakan akan menemukan prototipe vaksin Covid-19 yaitu sekitar Maret - April 2021.

Prototipe tersebut nantinya akan diujikan kepada manusia pada tahap uji klinis. Apabila tes tersebut dinyatakan sukses, maka vaksin akan diproduksi massal oleh industri semisal PT Biofarma.

Di sisi lain, Wapres meminta para tokoh agama tetap menjaga semangat umat, serta tidak menyerah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper