Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Rishi Sunak disebut sebagai menteri keuangan paling populer dan berpotensi masuk ke jajaran calon perdana menteri Inggris yang baru pada 2024. (Matt Dunham/AP - Bloomberg)
Premium

Rishi Sunak: Berkah bagi Inggris, Bumerang bagi Boris Johnson

13 Juli 2020 | 14:15 WIB
Kombinasi citra positif dan prestasi Rishi Sunak sebagai Menteri Keuangan bagaikan dua sisi uang koin karena sekaligus memudarkan popularitas Boris Johnson sebagai Perdana Menteri Inggris.

Bisnis.com, JAKARTA – Media Inggris The Times menampilkan karikatur Batman dan Robin untuk menggambarkan sosok Perdana Menteri Boris Johnson dan Menteri Keuangan Rishi Sunak di halaman utamanya, Minggu (12/7/2020). Dalam ilustrasi tersebut si Batman tampak gelisah, sedangkan Robin menyunggingkan senyum kegirangan. 

The Times bukanlah satu-satunya. Dalam sepekan terakhir, media-media lokal lain di Britania Raya banyak menyorot Sunak yang mulai dianggap sebagai juru selamat Inggris dari pandemi virus corona.

Ditunjuk Boris untuk menggantikan Said Javis yang mundur pada 13 Februari 2020, Sunak justru mengambil alih pusat lampu sorot dari sang perdana menteri.

Beberapa manuver Sunak memang masih menyisakan perdebatan. Misalnya soal kampanye ‘meal-deal’ yang memberikan publik diskon makanan setengah harga apabila mengonsumsinya di restoran atau keputusannya menggelontorkan stimulus-stimulus gemuk untuk menarik publik keluar dari lockdown sekaligus menekan angka pemutusan hubungan kerja (PHK).

Langkah-langkah itu diprediksi bisa menghasilkan dampak, tetapi cenderung diragukan apakah bisa berlangsung dalam jangka panjang. Kendati demikian, nyatanya hal itu tak lantas membuat publik punya prasangka buruk kepada Sunak.

“Kebijakan meal deal Sunak yang memangkas harga tampak seperti gimmick jangka pendek, tetapi itu berhasil membuat orang-orang ramai membincangkan Sunak,” tulis kritikus politik Andrew Rawnsley dalam sebuah kolom di The Guardian.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top