Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Kantor Pusat Smoore International Holdings. - dok.Smoore
Premium

Smoore, Raksasa Baru Asal China dari Industri Vape

13 Juli 2020 | 13:31 WIB
Prospek yang tinggi di industri rokok elektrik atau vape, menjadi salah satu penyebab harga saham Smoore berhasil naik lebih dari dua kali lipat dari harga awal yang ditetapkan yakni 12,40 dolar Hong Kong saat menggelar IPO pada Jumat (13/7/2020) lalu.

Bisnis.com, JAKARTA – Makin populernya rokok elektrik maupun vape di seluruh dunia, berhasil menciptakan ceruk bisnis yang menjanjikan bagi sejumlah perusahaan maupun individu pengusaha.

Salah satu keuntungan tersebut didapatkan oleh Smoore International Holdings. Perusahaan produsen rokok elektrik asal China tersebut berhasil meraup keuntungan yang besar saat melakukan aksi penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada Jumat (10/7/2020) lalu di Hong Kong Stock Exchange.

Dalam aks IPO tersebut, harga saham Smoore berhasil ditutup lebih tinggi dua kali lipat dari harga saham yang ditetapkan. Seperti dikutip dari Forbes, Senin (13/7/2020), harga saham Smoore berhasil ditutup pada level 31,00 dolar Hong Kong per lembar saham. Nilai itu naik lebih dari dua kali lipat dari harga awal yang ditetapkan yakni 12,40 dolar Hong Kong.

Melalui aksi korporasinya tersebut, Smoore melepas 574 juta lembar saham. Dengan demikian, valuasi Smoore pun berhasil mencapai 178 miliar dolar Hong Kong atau setara dengan US$23 miliar. Keberhasilan Smoore di lantai bursa saham tersebut hanya mampu dilampaui oleh China Bohai Bank yang juga melakukan IPO pekan lalu.

Tak henti di situ saja, Chairman sekaligus CEO Smoore yakni Chen Zhiping pun turut terimbas berkah dari aksi IPO tersebut. Nilai saham yang dimilikinya di Smoore pada akhir pekan lalu berhasil menembus US$8 miliar. Sementara itu Direktur Eksekutif Smoore yakni Xiong Shaoming nilai sahamnya di perusahaan berhasil mencapai US$41,2 miliar.

Hal itu membuat keduanya berhasil masuk ke dalam daaftar miliarder baru di China, versi Forbes.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top