Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Besok, Dua Kebun Raya Dibuka Kembali untuk Umum

LIPI memastikan bahwa operasional Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 06 Juli 2020  |  22:07 WIB
Kebun Raya Bogor - Istimewa
Kebun Raya Bogor - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengumumkan bahwa dua dari empat kebun raya yang dikelolanya yakni Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas akan kembali dibuka untuk umum pada Selasa, 7 Juli 2020.

"#SahabatLIPI, dua dari empat Kebun Raya di bawah pengelolaan LIPI, yaitu Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas, akan dibuka kembali untuk kunjungan umum mulai Selasa, 7 Juli 2020," cuit LIPI melalui akun resmi Twitter @lipiindonesia, Senin (6/7/2020).

Pembukaan kembali dua obyek wisata alam dan pendidikan ini berdasarkan pada Surat Keputusan Kepala LIPI No.155/F/2020 tentang Pembukaan Kembali Layanan Kebun Raya Di Lingkungan LIPI.

Selain itu, pihak LIPI juga memastikan bahwa operasional dua kebun raya tersebut akan diselenggarakan dengan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Adapun, beberapa aturan dalam protokol kesehatan harus dipatuhi para pengunjung antara lain adalah pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk kebun raya; wajib mengenakan masker dan menjaga jarak aman; serta pengelola telah menyediakan fasilitas cuci tangan dengan touchless sanitizer di beberapa titik.

Pengelola kebun raya pun memastikan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas-fasilitas umum seperti kursi taman, mobil wisata, dan toilet.

Sementara itu, masyarakat yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas harus melakukan pendaftaran terlebih dulu yang dilakukan secara daring yakni melalui www.kebunraya.id yang terintegrasi dengan ponsel pintar dan pemilik kartu member Kebun Raya.

Selain itu, transaksi nontunai juga diberlakukan di gerai makanan dan souvenir guna mengurangi kontak fisik.

"Kami harapkan pengunjung dapat menyesuaikan dengan protokol ini untuk bersama-sama menciptakan lingkungan Kebun Raya yang aman, nyaman, juga ramah lingkungan di semua aspek," ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi Virus Corona Kebun Raya Bogor covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top