Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Klaster Pabrik Unilever, 15 Anggota Keluarga Tertular Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bekasi mencatat total kasus positif dari klaster Unilever di Cikarang sekarang sebanyak 36 orang.
Pemeriksaan tes swab/Antara
Pemeriksaan tes swab/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyatakan 21 buruh di pabrik Unilever di kawasan industri Jababeka, Cikarang yang terinfeksi Covid-19 menularkan virus Corona kepada 15 anggota keluarganya di rumah.

Meskipun demikian, Pemkab Bekasi mengklaim tidak ada penambahan kasus baru dari klaster Covid-19 di pabrik Unilever Cikarang. 

"Selama dua hari ini tidak ada penambahan kasus baru," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah ketika dihubungi pada Minggu malam (5/7/2020)

Dia menuturkan, sasus terakhir Klaster Covid-19 di PT Unilever Cikarang itu tercatat sebanyak 21 buruh Unilever di bagian engineering produksi teh terpapar virus Corona. Mereka lalu menularkan virus itu kepada 15 anggota keluarganya di rumah. Artinya, total kasus dari klaster Unilever sekarang sebanyak 36 orang.

"Seluruh buruh sudah di-test swab, hasilnya semua sudah keluar," kata Alamsyah.

Alamsyah menjelaskan bahwa seluruh pasien dari klaster Covid-19 Unilever dirawat di RSUD Kabupaten Bekasi dan RS Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Selain itu, ada juga yang menjalani isolasi mandiri di wisma Covid-19 di Jababeka.

Berdasarkan data terkini yang diunggah di situs https://pikokabsi.bekasikab.go.id/ total warga Kabupaten Bekasi yang terinfeksi virus Corona sebanyak 285 orang. Dari total tersebut, 224 di antaranya dinyatakan sembuh, dan 20 meninggal. Adapun, kasus aktif sebanyak 41 orang.

Meski muncul klaster Covid-19 baru, Alamsyah menyebut tingkat reproduksi virus Corona di Kabupaten Bekasi masih cukup rendah yaitu 0,57. Meski demikian, pemerintah daerah memutuskan untuk memperpanjang PSBB proporsional bersama daerah penyangga DKI Jakarta lainnya seperti Kota Bekasi, Depok dan Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper