Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Henry Sy Sr., Chairman dan Pendiri SM Investments Corp., dalam sebuah wawancara di Makati, Filipina, Sabtu (18/7/2009). - Bloomberg/Nana Buxani
Premium

Dari Xiamen ke Manila : Perjalanan Garis Keturunan Sy Jadi Keluarga Terkaya Filipina

03 Juli 2020 | 13:30 WIB
Nama Keluarga Sy mungkin jarang terdengar di luar Filipina. Padahal, bisnis keluarga itu sudah menggurita di luar negara asalnya. Siapa mereka?

Bisnis.com, JAKARTA — Manuel Villar boleh saja bangga dengan pencapaiannya sebagai orang terkaya Filipina di berbagai versi pemeringkatan. Namun, jika bicara soal kekayaan keluarga, hingga sekarang tak ada yang bisa melewati kejayaan Keluarga Sy.

Dengan kekayaan kolektif menyentuh US$17,2 miliar, keluarga ini menjadi miliarder terkaya di Filipina versi Forbes pada 2019, meninggalkan jauh Villar (US$6,6 miliar), John Gokongwei (US$5,3 miliar), hingga Enrique Razon Jr. (US$5,1 miliar). Sekaligus, menjadi satu-satunya keluarga kaya Filipina yang masuk daftar 40 keluarga terkaya Asia versi Forbes.

Di seluruh Asia, Keluarga Sy menempati urutan kesembilan dinasti terkaya, bersanding dengan nama-nama populer macam Keluarga Ambani (india), Kwok (Hong Kong), Chearavanont (Thailand), atau Lee (Korea Selatan).

Jika di keluarga-keluarga konglomerat lain selalu ada satu sosok yang tampil dominan sebagai pemilik kekayaan terbesar, lain halnya dengan Keluarga Sy. Sejak wafatnya genarasi pertama konglomerasi keluarga ini, Henry Sy Sr. pada 2019, enam orang pewaris generasi kedua cenderung punya kekayaan yang beda-beda tipis.

Teresita Sy-Coson, anak tertua dari generasi kedua Sy, punya kekayaan US$2,3 miliar, sedangkan adiknya, Elizabeth Sy, punya kekayaan US$2 miliar. Anak ketiga, Henry Sy Jr, punya kekayaan US$2,4 miliar, sedangkan Hans Sy merupakan yang paling kaya dengan harta US$2,6 miliar.

Hans punya kekayaan sedikit di atas adiknya, Herbert Sy yang memiliki US$2,5 juta. Adapaun anak terakhir, Harley Sy, punya kekayaan senilai US$2,4 miliar.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top