Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditangkap KPK, Bupati Kutai Timur Ismunandar Penasihat Partai NasDem

Encek menjabat sebagai Ketua DPRD Kutai Timur sejak September 2019 untuk masa bakti 2019-2024. Dia terpilih sebagai pimpinan DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Bupati Kutai Timur Ismunandar/Istimewa
Bupati Kutai Timur Ismunandar/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA –  Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar yang ditangkap KPK pada Kamis (2/7/2020) malam di salah satu hotel bersama istrinya, Encek UR Firgasih, yang juga Ketua DPRD Kutim, diketahui aktif sebagai penasihat Partai NasDem.

Dikutip dari Antara, Jumat (3/7/2020), Ismunandar, 59 tahun, menjabat sebagai Bupati Kutai Timur untuk periode 2016 hingga 202.

Sementara, istrinya, Encek  menjabat sebagai Ketua DPRD Kutai Timur sejak September 2019 untuk masa bakti 2019-2024.

Dia terpilih sebagai pimpinan DPRD dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hasil Pemilihan Legislatif 2019, partai berlambang Ka'bah tersebut telah menguasai lima kursi di DPRD Kutai Timur.

Diberitakan sebelumnya, KPK menjaring belasan orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Kamis (2/7/2020).

Dua di antaranya adalah Bupati Kutai Timur (Kutim), Ismunandar dan istrinya yang juga Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Firgasih.

Ismunandar, istrinya, juga sejumlah pihak lain ditangkap terkait dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutai Timur.

"Penangkapan terduga pelaku korupsi terkait pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Kutai Timur, Kalimantan Timur dilakukan KPK di beberapa tempat, di antaranya di Jakarta, Kutai Timur dan Samarinda," kata pelaksana tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (2/7/2020).

Sebanyak 7 orang diamankan di Jakarta. Untuk beberapa pihak yang diamankan di Jakarta sudah berada di Gedung KPK. Selain di Jakarta, tim satgas KPK juga melakukan operasi senyap di pulau Borneo, tepatnya di Kutai Timur dan Samarinda. Sebanyak 8 orang diamanakan di 2 wilayah tersebut.

encek
encek

Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Firgasih/www.temanencekfirgasih.com

Delapan orang yang diamankan satgas KPK itu juga tengah diperiksa di Polres Samarinda. Setelah diperiksa di sana, rencananya ke-8 orang itu akan di bawa ke Jakarta.

"Setelah dilakukan pemeriksaan di Polresta Samarinda akan segera dibawa ke Jakarta dan perkiraan tiba di Jakarta pada siang ini," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, menyebut tim satuan tugas KPK mengamankan sejumlah uang dan buku rekening dalam OTT Bupati Kutai Timur Ismundar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper