Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kronologis Bupati Kutai Timur Ismunandar dan Istrinya, Ketua DPRD Kutai Timur, Ditangkap KPK di Hotel

KPK menangkap tangan Bupati Kutai Timur Ismunandar dan istrinya yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Figarsih di salah satu hotel di Jakarta.
Bupati Kutai Timur Ismunandar/Antara
Bupati Kutai Timur Ismunandar/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di era kepemimpinan Firli Bahuri akhirnya melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Kali ini yang terjaring dalam operasi senyap tim satgas lembaga antirasuah itu adalah Bupati Kutai Timur Ismunandar, Kepala Bappeda, dan Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Figarsih.

Awalnya, Ketua KPK Firli Bahuri mengonfirmasi bahwa pada Kamis (2/7/2020) malam KPK melakukan operasi tangkap tangan.

Saat itu belum diketahui pasti siapa yang terjaring oeprasi senyap.

Kemudian terkonfirmasi bahwa Ismunandar diamankan bersama istrinya di sebuah hotel di Jakarta. Dalam operasi di Ibu Kota itu, setidaknya ada 7 orang yang diamankan termasuk Ismunandar dan Encek.

“Semalam (2/7/2020) kami amankan sang bupati beserta istrinya dan seorang Kepala Bapeda dari sebuah hotel di Jakarta,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango, Jumat (3/7/2020).

Setelah diamankan, Ismunandar, Encek dan 5 orang lainnya dibawa ke Gedung Merah Putih KPK untuk diperiksas oleh penyidik lembaga antirasuah.

Informasi pun berkembang, Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan bahwa KPK juga mengamankan 8 orang lainnya di Samarinda dan Kutai Timur. Alhasil, ada belasan orang yang diamankan KPK dari 3 wilayah berbeda.

“Setelah dilakukan pemeriksaan di Polresta Samarinda akan segera dibawa ke Jakarta dan perkiraan tiba di Jakarta pada siang ini," kata Ali.

ketua dprd kutai timur
ketua dprd kutai timur

Bupati Kutai Timur Ismunandar (nomor 5 dari kiri) dan istrinya yang juga Ketua DPRD Kutai Timur Encek UR Figarsih (nomor 4 dari Kiri)./kutaitimurkab.go.id

Penangkapan ini, terkait dugaan rasuah pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur. Dia juga menyebut KPK menyita sejumlah uang yang  masih dalam perhitungan.

“Demikian pula mengenai jumlah barang bukti uang saat ini juga masih dihitung,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper