Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah! Bekasi Bakal Miliki Perkebunan Ginseng

Balitbangda Kabupaten Bekasi tengah mengkaji rencana perkebunan ginseng yang akan dibangun di Kecamatan Cabangbungin itu.
Ginseng/Istimewa
Ginseng/Istimewa

Bisnis.com, CIKARANG — Kecamatan Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dipilih sebagai lokasi untuk perkebunan ginseng oleh calon investor asal Korea Selatan.

"Pemerintah daerah tengah menjajaki kerja sama dengan investor asal Korea [Korsel], salah satunya dalam bentuk pembangunan perkebunan ginseng," kata Kepala Sub Bidang Pengembangan Ekonomi Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Bekasi Indra Wahyudi, Rabu (1/7/2020).

Indra mengatakan bahwa Balitbangda Kabupaten Bekasi tengah mengkaji rencana perkebunan ginseng yang akan dibangun di Kecamatan Cabangbungin itu.

"Salah satu hasil kajian kami mendapati karakteristik kontur tanah di Cabangbungin sangat cocok ditanami ginseng. Sejauh ini sudah ada pertemuan antara bupati dengan investor asal Korea itu," ucapnya.

Menurut dia, investasi perkebunan dari tumbuhan ramuan obat-obatan berkhasiat itu akan membawa keuntungan bagi pemerintah daerah karena selain mendatangkan pendapatan asli daerah. Investor Negeri Ginseng itu juga menyepakati penggunaan tenaga kerja lokal.

"Berdasarkan hasil kesepakatan dapat dipastikan tenaga kerja diutamakan dari warga sekitar sementara untuk bibitnya didatangkan langsung dari Korea, begitu pula hasil panen nanti diekspor lagi ke Korea," ungkapnya.

Indra menjelaskan bahwa keberadaan perkebunan ginseng ini otomatis memberi pengaruh positif pada roda perekonomian warga sekitar karena area perkebunan itu bakal menjadi objek wisata yang berpotensi mendatangkan wisatawan luar daerah.

"Jadi, manfaat keberadaan perkebunan ginseng ini akan sangat terasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Zufrizal
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper