Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Bhayangkara ke-74, Ribuan Warga Ikut Program SIM Gratis

Kebijakan SIM gratis untuk masyarakat yang lahir pada 1 Juli tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bernomor ST/1671/VI /YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020.
Polri menggratiskan pembuatan SIM pada 1 Juli 2020./Istimewa
Polri menggratiskan pembuatan SIM pada 1 Juli 2020./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyebutkan bahwa 4.308 warga yang lahir bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74 pada 1 Juli telah mengikuti program SIM gratis di seluruh Indonesia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengemukakan bahwa kebijakan SIM gratis untuk masyarakat yang lahir pada 1 Juli tersebut telah tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Jenderal Pol Idham Azis bernomor ST/1671/VI /YAN.1.1./2020 tanggal 12 Juni 2020 yang telah ditandatangani oleh Kakorlantas Irjen Pol Istiono. 

Argo menjelaskan dalam program SIM gratis itu, masyarakat tidak akan dikenakan biaya apapun, termasuk biaya pembuatan SIM maupun biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM.

"Pemberian pelayanan bebas biaya pembuatan SIM ini hanya untuk warga yang lahir di tanggal 1 Juli atau bertepatan dengan Hari Bhayangkara," kata Argo, Selasa (30/6/2020).

Sementara itu, Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Polisi Yusuf mengatakan layanan SIM gratis ini hanya untuk SIM A dan SIM C. Syaratnya, pemohon membawa e-KTP asli dan fotokopi, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik, serta membawa SIM asli untuk proses perpanjangan.

"Sampai saat ini jumlah warga yang mendaftar program SIM gratis ini sebanyak 4.308 orang di seluruh Indonesia," katanya.

Yusuf menjelaskan seluruh Satpas di lingkungan Polres sudah siap menjalankan program tersebut, seperti yang dilakukan Polres Kobar, Kalimantan Tengah. 

Satuan Lalu Lintas Polres Kobar telah menyiapkan doorprize menarik berupa dua unit ponsel bagi pendaftar SIM gratis tersebut.

"Untuk masyarakat yang telah mendaftar dan mengikuti program layanan SIM Gratis dan telah memenuhi syarat akan kami berikan doorprize berupa handphone, bagi pendaftar beruntung,” kata Kasatlantas Polres Kobar AKP Marsono. 

Dia berharap dengan adanya pelayanan dan hadiah tersebut, bisa banyak menarik minat masyarakat agar selalu tertib dalam berlalu lintas dijalan raya. 

"Ayo, tertib berlalu lintas dimulai dengan melengkapi surat menyurat kendaraan dan pengguna,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Polres Pandeglang, Banten juga menyiapkan undian berhadiah menarik berupa sepeda. Jika tidak beruntung, pemohon SIM yang sudah terdaftar mendapatkan souvenir menarik.

"Mereka langsung mengambil kertas undian di tempat yang sudah kami sediakan, jadi setelah membuat SIM baru mereka langsung mengambil kertas tadi. Jika kurang beruntung tetap mendapatkan souvenir," kata Kasatlantas Polres Pandeglang Iptu Riska Tri Arditia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper