Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Chairman Charoen Pokphand Group Dhanin Chearavanont (tengah kiri) dan putra bungsunya, CEO Charoen Pokphand Group Suphacai Chearavanont (tengah kanan), dalam sebuah konferensi pers di kediaman Duta Besar AS untuk Thailand di Bangkok, Thailand, Kamis (18/1/2018). - Bloomberg/Taylor Weidman
Premium

Perjalanan 99 Tahun Chearavanont Jadi Keluarga Terkaya di Thailand

29 Juni 2020 | 08:35 WIB
Keluarga Chearavanont mungkin tak sepopuler Keluarga Ambani di India atau Keluarga Lee di Korea Selatan. Namun, nilai kekayaan dan gurita bisnis keluarga ini tak main-main besarnya.

Bisnis.com, JAKARTA — Pada awal Mei 2020, media Thailand, Bangkok Post, menampilkan wajah Dhanin Chearavanont di halaman utamanya.

Dalam laporannya, Bangkok Post menyebutkan orang paling kaya di Thailand itu telah resmi mendonasikan dana sebesar 700 juta baht untuk melawan Covid-19 lewat berbagai kampanye yang diadakan grup konglomerasi pimpinannya, Charoen Pokphand Group (CP).

“Saya dan CP sudah mendonasikan 700 juta baht, dan siap melanjutkan proyek yang lebih jauh untuk tahap berikutnya,” tulis Dhanin dalam pernyataan resminya.

Apa yang dilakukan Dhanin dan CP, di satu sisi, bukanlah sesuatu yang mengejutkan.

Rekam jejak menunjukkan bahwa selama 15 tahun terakhir, grup konglomerasi Keluarga Chearavanont adalah salah satu filantropis paling dermawan di Negeri Gajah Putih. Mereka telah menyumbang lebih dari US$500.000 per tahun untuk bidang pendidikan, kesejahteraan anak, dan pengembangan ajaran Buddha.

Namun, di sisi lain, apa yang dilakukan keluarga tersebut juga menuai decak kagum, sebab bantuan itu diberikan di tengah kondisi ketidakpastian ekonomi di Thailand akibat pandemi.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top