Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Webinar Kepala BKPM dan Menko Luhut Dibajak, Ada Gambar Tak Senonoh

Webinar Series DPP PGK #3 yang dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Webinar Series DPP PGK #3 yang dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sempat dibajak oknum tidak bertanggung jawab.

Saat pemaparan oleh Kepala BKPM, tiba-tiba ada coretan gambar tidak senonoh di tayangan presentasi sang menteri.

"Jangan gitulah, kita sama-sama anak jalanan juga, kita bukan orang baik-baik. Ini merusak suasana kebatinan. Kalau ada yang mau protes, boleh saja, kita diskusi tapi ga begini caranya," ujar Bahlil berseloroh dalam webinar yang ditayangkan live melalui akun YouTube @Indosatu News pada Minggu (28/6/2020).

Ini bukan merupakan yang pertama kali terjadi. Peristiwa serupa juga pernah terjadi ketika Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan dalam webinar yang bertajuk Ekonomi Syariah di Indonesia: Kebijakan Strategis Pemerintah Menuju New Normal Life yang diselenggarakan UIN Malang pada Kamis (4/6/2020) sekitar pukul 10.00 WIB. 

Oleh karena wapres harus menghadiri rapat terbatas bersama presiden, sambutan diberikan menggunakan video tapping. Pada saat video diputar dalam acara live, muncul coretan berwarna yang tidak jelas bentuknya. 

Seperti diketahui, kondisi pandemi Covid-19 memang menyebabkan hampir semua pertemuan, diskusi atau rapat dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi.

Namun, lonjakan pengguna aplikasi rapat online justru memunculkan kekhawatiran terkait keamanan siber (cyber security). Kasus kebocoran data pribadi atau perusahaan menjadi momok dalam penyelenggaraan pertemuan virtual.

Seperti pernah diberitakan Bisnis, Agus F. Abdillah, Chief of Products and Services Officer Telkomtelstra menyampaikan beberapa tips dalam menyelenggarakan rapat daring.

Beberapa tips tersebut adalah mencermati standar keamanan aplikasi rapat online yang digunakan meskipun layanan itu tidak berbayar atau gratis; mempelajari rekam jejak platform rapat online; dan memeriksa apakah platform rapat online itu menyediakan enkripsi dari ujung ke ujung (end to end).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper