Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Warga mengantre air bersih di Caracas, Venezuela, Kamis (9/4/2020). - Bloomberg/Carlos Becerra
Premium

Nasib Venezuela dan Sengketa Emas US$ 1 Miliar di Inggris

23 Juni 2020 | 16:56 WIB
Di tengah krisis akibat pandemi Covid-19, Nicolas Maduro dan Juan Guaido justru berseteru di pengadilan di London, Inggris. Apa hubungan antara sengketa cadangan emas itu dengan warga Venezuela?

Bisnis.com, JAKARTA — Nasib puluhan juta warga Venezuela, yang tengah menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi, bisa jadi ditentukan oleh majelis hakim di sebuah pengadilan di London, Inggris. Di pengadilan itulah Presiden Nicolas Maduro dan pemimpin oposisi Juan Guaido saling berhadapan, ribuan kilometer jauhnya dari Caracas.

Di pengadilan itu pula lah Nick Vineall dan Andrew Fulton bertemu. Kendati sama-sama mengklaim berjuang untuk rakyat Venezuela, Vineall dan Fulton berada di dua sisi berseberangan.

Vineall berstatus pengacara yang mewakili Banco Central de Venezuela (BCV), bank sentral Venezuela. Dalam berkas gugatannya, dia meminta majelis hakim yang dipimpin Nigel Teare mengabulkan permintaan penarikan cadangan emas senilai US$1 miliar milik Venezuela yang kini disimpan di Bank of England (BOE).

“Hukum dan politik tidak boleh dicampur aduk. Penting untuk mengingat bahwa pengakuan atas pemerintahan suatu negara tidak berarti persetujuan. Sebaliknya, persetujuan dalam hal politis tidak berarti pengakuan,” paparnya seperti dilansir Bloomberg, Senin (22/6/2020).

Gugatan ini tak datang tiba-tiba. Pemerintahan Maduro pertama kali mendekati BOE pada akhir 2018, diwakili oleh Menteri Keuangan Simon Zerpa dan Presiden BCV Calixto Ortega.

Namun, permintaan itu ditolak oleh BOE pada Januari 2019. Tidak dijelaskan apa alasan penolakan tersebut.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top