Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Facebook dan Alphabet akan Bersaksi di Hadapan Kongres

Apple Inc. belum menjamin akan membuat Tim Cook tersedia untuk panel antimonopoli House of Representatives. Sementara itu, Amazon.com Inc. mengatakan akan mengirim Jeff Bezos untuk bersaksi.
Mark Zuckerberg pada Selasa  (10/4/2018) 8 waktu setempat menghadap Kongres untuk memberikan penjelasan mengenai kasus kebocoran data 87 juta pengguna Facebook./Reuters
Mark Zuckerberg pada Selasa (10/4/2018) 8 waktu setempat menghadap Kongres untuk memberikan penjelasan mengenai kasus kebocoran data 87 juta pengguna Facebook./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Chief Executive Officer Facebook Inc. Mark Zuckerberg dan CEO Alphabet Inc. Sundar Pichai akan memberikan kesaksian di hadapan panel Kongres yang menyelidiki masalah persaingan dalam industri teknologi, menurut dua sumber yang mengetahui rencana ini.

Apple Inc. belum menjamin akan membuat Tim Cook tersedia untuk panel antimonopoli House of Representatives. Sementara itu, Amazon.com Inc. mengatakan akan mengirim Jeff Bezos untuk bersaksi pada audiensi dengan CEO lain musim panas ini. Ini akan menandai penampilan pertama Bezos di hadapan Kongres.

Juru bicara kedua perusahaan tersebut menolak berkomentar atau tidak menanggapi permintaan komentar. Sementara itu, juru bicara Kongres David Cicilline yang memimpin penyelidikan menolak berkomentar.

Posisi Apple yang mengatakan akan mengirim petinggi perusahaan yang tepat, tanpa menjanjikan Tim Cook, mencerminkan keengganan Amazon sebelumnya untuk mengirim mendatangkan Bezos dan dapat memicu perselisihan antara perusahaan dan anggota parlemen yang ikut serta dalam penyelidikan.

Dalam kasus Amazon, Cicilline berulang kali mengancam akan memanggil Bezos, meskipun perusahaan akhirnya mundur dan setuju untuk mengirimnya secara sukarela.

Seorang profesor hukum persaingan usaha di George Washington University Law School, William Kovacic, mengatakan Cicilline ingin adanya audiensi langsung dengan kesaksian dari keempat CEO untuk membangun dukungan publik untuk meningkatkan pengawasan legislatif terhadap perusahaan teknologi dan untuk menekan lembaga antimonopoli untuk mengejar tuntutan hukum yang agresif.

“Tujuannya adalah untuk mendorong lembaga penegak hukum," kata Kovacic dalam sebuah wawancara baru-baru ini, seperti dikutip Bloomberg.

Pengawasan antimonopoli terhadap perusahaan teknologi raksasa semakin ketat. Facebook dan Google sama-sama menghadapi penyelidikan persaingan oleh penegak federal dan hampir semua 50 negara bagian.

Sementara itu, Amazon tengah menjalani penyelidikan di California, dan raksasa e-commerce tersebut serta Apple menghadapi pengawasan di Uni Eropa.

September lalu, subkomite yang dipimpin Cicilline meminta dokumen ke empat perusahaan untuk mencari informasi terperinci mengenai akuisisi, praktik bisnis, komunikasi eksekutif, penyelidikan sebelumnya, dan tuntutan hukum.

Tidak seperti Bezos, CEO lain telah diinterogasi di sidang Kongres sebelumnya. Zuckerberg bersaksi setelah skandal Cambridge Analytica, di mana Facebook mengizinkan pengambilan data pribadi jutaan pengguna tanpa izin mereka pada 2018, dan mengenai mata uang digital perusahaan, Libra, pada tahun berikutnya.

Sementara itu, Pichai juga memberikan kesaksian pada tahun 2018 mengenai tuduhan bias poilitik dalam konten yang ditampilkan perusahaan. Tim Cook bersaksi pada 2013 mengenai pembayaran pajak perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper