Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Pegawai pabrik mengenakan masker pelindung ketika bekerja di pabrik milik Siemens Healthineers AG di Shanghai, China, Senin (24/2/2020). - Bloomberg/Qilai Shen
Premium

Pemulihan Ekonomi China Dipertanyakan, Apa Kabar Ekonomi Dunia?

16 Juni 2020 | 15:50 WIB
Asa bahwa kembali bergeraknya aktivitas ekonomi China dapat membawa riak pemulihan ekonomi global langsung dihantam berbagai tantangan, termasuk kembali munculnya kasus Covid-19. Bagaimana pengaruhnya terhadap ekonomi dunia?

Bisnis.com, JAKARTA — Pemulihan ekonomi China yang masih penuh tantangan menunjukkan bahwa jalan bagi perbaikan ekonomi dunia juga masih membutuhkan waktu yang lama.

Sejumlah indikator ekonomi China memperlihatkan indeks manufaktur, konsumsi masyarakat, dan investasi mulai membaik pada Mei 2020. Tetapi, ada beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa perbaikan yang sangat luas masih membutuhkan waktu.

Gelombang kedua Covid-19 di Beijing menimbulkan kekhawatiran baru terhadap pemulihan ekonomi global. Padahal, pabrik-pabrik di China sudah mulai kembali beroperasi.

Kasus baru virus corona di Beijing dilaporkan mencapai hampir 100 orang selama akhir pekan lalu. Bangkitnya kasus Covid-19 di ibu kota China yang berpopulasi lebih dari 20 juta orang itu pun mengancam normalisasi kehidupan dan bisnis setelah China memadamkan epidemi pertamanya beberapa bulan lalu.

“Pengalaman China sejauh ini memperlihatkan bahwa sangat sulit untuk menuju pemulihan ekonomi global. Kami memprediksi adanya rebound pada semester kedua, tapi sepertinya harapan adanya perbaikan kemungkinan bakal mengecewakan,” kata Kepala Ekonom Asia Pasifik S&P Global Ratings Shaun Roache seperti dilansir Bloomberg, Senin (15/6/2020).

Data indikator ekonomi yang dirilis awal pekan ini menunjukkan pemulihan ekonomi China masih didorong atas kebijakan stimulus, sedangkan permintaan masih lemah. Indeks manufaktur mulai pulih dari kontraksi pada Februari 2020, sedangkan konsumsi masih menyusut dan investasi belum pulih.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top