Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laporkan Bintang Emon, PSI Klarifikasi Keanggotaan Charlie Wijaya

Charlie Wijaya memang terdaftar sebagai anggota PSI. Namun, PSI akan memastikan orang itu sama dengan yang melaporkan Bintang Emon.
Bintang Emon diserang oleh akun anonim dengan tuduhan menggunakan sabu-sabu, usai menyindir kasus Novel Baswedan./Instagram
Bintang Emon diserang oleh akun anonim dengan tuduhan menggunakan sabu-sabu, usai menyindir kasus Novel Baswedan./Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Komika Bintang Emon dilaporkan ke aparat hukum akibat kritiknya terhadap penanganan kasus penyerangan kepada Novel Baswedan. Laporan tersebut dibuat oleh Charlie Wijaya yang juga mengaku sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Pengurus Dewan Pimpinan Pusat PSI Sigit Widodo mengatakan akan mengklarifikasi keanggotaan Charlie Wijaya. Menurut Sigit, nama Charlie Wijaya memang terdaftar sebagai anggota PSI.

Namun, dia perlu memastikan terlebih dahulu apakah Charlie Wijaya ini sama dengan yang melaporkan Bintang Emon.

“Nama Charlie Wijaya terdaftar sebagai anggota, tapi harus dicek apakah Charlie yang itu. Kami masih perlu klarifikasi dulu,” kata Sigit saat dihubungi lewat pesan pendek, seperti dilansir Tempo, Selasa, (16/6/2020).

Sigit menjelaskan sikap partainya jelas mendukung Bintang Emon. Mereka menganggap apa yang dilakukan komika itu sebagai sebuah kebebasan berpendapat.

Pernyataan Sigit senada dengan cuitan Juru bicara bidang hukum PSI Rian Ernest. Menurut Rian Ernest, substansi kritik Bintang Emon sah-sah saja.

Sebelumnya, akun Instagram bernama @charliewijaya11 mengatakan bahwa dia telah melaporkan komika Bintang Emon terkait kritiknya terhadap penanganan kasus penyerangan Novel Baswedan. Charlie mencuit laporan tersebut telah dia layangkan ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informarika Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

Dalam keterangan akun tersebut Charlie mengatakan kalau dirinya adalah kader termuda PSI dan merupakan bekas calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat. Namun, belakangan, keterangan tersebut beserta unggahannya soal pelaporan Bintang Emon telah dihapus.

Charlie, lewat unggahan Instagram Storynya, juga mengatakan kalau pelaporan terhadap Bintang Emon bersifat pribadi dan tak ada kaitannya dengan sikap PSI.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah PSI DKI Jakarta membantah bahwa seseorang bernama Charlie Wijaya merupakan kader mereka. Ketua DPW PSI DKI Jakarta Michael Sianipar menyebut bahwa Charlie bukan pula pengurus dan mantan calon legislatif dari PSI.

Dia pun menyebut apa yang dilakukan Charlie dengan melaporkan Bintang Emon tak merepresentasikan sikap PSI. “Yang pasti bukan pengurus dan bukan caleg. Kalau mendaftar jadi anggota, semua orang ber-KTP bisa dengan mudah daftar jadi anggota PSI. Anggota PSI di Indonesia ada ratusan ribu orang,” kata Michael lewat pesan pendek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper