Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Positif Covid-19 per 4 Juni, Kalimantan Selatan Tertinggi

Setelah Kalsel, pada 4 Juni 2020, daerah dengan kasus positif terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.
Infografis yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam konferensi pers, Kamis (4/6/2020)/Gugus Tugas Covid-19
Infografis yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dalam konferensi pers, Kamis (4/6/2020)/Gugus Tugas Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA - Kalimantan Selatan tercatat sebagai daerah dengan penambahan tertinggi jumlah kasus positif Covid-19 yakni sebanyak 109 orang pada 4 Juni 2020.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa penambahan jumlah kasus yang signifikan tersebut terkait erat dengan aktivitas di dua pasar pada pekan lalu.

"Dari hasil penyeledikan epidemiologi dan tracing yang dilakukan, ini adalah kontak erat di dua pasar yang terjadi seminggu lalu, ujarnya dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, pada 4 Juni 2020 tercatat sebanyak 94 pasien positif berada di DKI Jakarta, Jawa Timur 90 orang, Sulawesi Selatan 54 orang, Sumatera Utara 44 orang, Sumatera Selatan 27 orang, dan Jawa Tengah 24 orang.

Di sisi lain, penambahan jumlah tertinggi pasien sembuh Covid-19 berada di Jawa Timur yakni mencapai 290 orang, Sumatera Barat 35 orang, Sumatera Selatan 22 orang, DKI Jakarta 21 orang, Jawa Barat 18 orang, dan Bali 15 orang.

Kasus meningal tebanyak berada di Jawa Timur sebanyak 8 orang, serta Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan dimana masing-masing tercatat 4 orang meninggal dunia.

Adapun secara kumulatif, pada 4 Juni 2020, jumlah pasien positif bertambah 585 orang sehingga menjadi 28.818 orang, pasien sembuh bertambah 486 menjadi 8.892 orang, dan pasien meninggal bertambah 23 orang menjadi 1.721 orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pengendalian Covid-19 fokus pada tiga provinsi, yakni Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Menurut Presiden Jokowi wilayah tersebut memiliki angka penyebaran yang masih tinggi.

“Saya ingin kita konsentrasi, Gugus Tugas maupun Kementerian, TNI dan Polri, utamanya, konsentrasi di tiga provinsi yang angka penyebarannya masih tinggi yaitu di Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan. Tolong ini jadi perhatian khusus sehingga angka penyebaran bisa kita tekan lebih turun lagi,” kata Presiden saat membuka rapat rapat terbatas percepatan penanganan pandemi Covid-19, Kamis (5/6/2020).

Untuk itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan meningkatkan jumlah tenaga medis serta fasilitas rumah sakit tiga provinsi tersebut.

Rencananya, Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo bersama Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan berkunjung provinsi-provinsi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper